rajatv

Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

1 Maret 2020  |  181xDitulis oleh : Freelancer
Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

lintasdetik.com - Puasa bicara yang dilakukan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian wahyudi, dinilai keputusan yang kurang bijak. Hal ini disampaikan oleh Emrus Sihombing, pengamat komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan. Emrus berpendapat, Yudian adalah pejabat publik yang malah seharusnya perlu untuk menyampaikan hasil kinerjanya kepada publik.

"Menurut saya itu sangat tidak bijak, sebagai pejabat publik dia harus bertanggungjawab kepada tugas-tugasnya," ujar Emrus, Ahad (1/3).

Seperti yang diketahui, sebelumnya Yudian sempat beberapa kali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Yudian sempat menyebut bahwa agama adalah musuh besar dari Pancasila. Sontak, pernyataan ini mengundang ragam reaksi, termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI bahkan mendesak agar Presiden Jokowi segera mencopot Yudian dari jabatannya sebagai Kepala BPIP. Kejadian inilah yang akhirnya membuat Yudian memilih untuk diam. Yudian seharusnya lebih sering untuk berbicara di depan publik, karena ini menyangkut dengan tanggungjawabnya sebagai Kepala BPIP.

"Saya berani mengatakan, satu detik pun tidak boleh berhenti mewacanakan tentang Pancasila kita. Kalau memang itu momentum yang pas, tidak boleh tutup mulut atau diam, tidak boleh. Sebagai pejabat publik dia harus menyampaikan tanggung jawabnya itu," jelas Emrus, yang juga sebagai direktur eksekutif Lembaga Emurs Corner.

Selain menyampaikan pandangannya, Emrus juga memberikan masukan agar Yudian belajar banyak tentang tata cara berkomunikasi di hadapan publik, agar tidak terjadi kembali kesalahan yang sama.

"Sebagai kepala BPIP dia perlu mempunyai kemampuan, kedewasaan komunikasi di ruang publik," saran Emrus.

Perlu diketahui, sebelumnya Yudian memilih untuk berpuasa dalam berbicara selama setahun. Hal ini akui dirinya untuk menghindari permasalahan yang sempat membuat ramai, beberapa waktu yang lalu. 

"Kira-kira setahunlah (puasa bicara), saya belajar dulu. Semua yang permulaan khan sulit ya. Harus belajar dulu, mengamati-amati dulu," kata dia, saat menolak permintaan wawancara sejumlah awak media, di Yogyakarta (29/2).

"Nanti rencananya kalau ada gini (wawancara) harus pakai draft agar saya tidak kepleset-lah. Ini demi kebaikan republik," lanjutnya.

Dirinya pun mengakui sudah mendapatkan imbauan dari DPR RI agar selalu menggunakan naskah tertulis yang telah dipersiapkan saat berbicara di depan publik. Yudian mengakui tersebut sebagai nasihat yang dia terima.

"Itu yang namanya kalau dalam Islam amar ma'ruf nahi munkar. Amar ma'ruf itu DPR memerintahkan kepada saya melakukan yang baik-baik. Kalau di depan publik pakai draft gitu, pakai humas kaya gitu jadi subjektivitas saya tidak terlalu menonjol," kata dia.

"Yang dibilang munkar ya tadi. Kalau kepleset ngomong kan munkar, dalam arti luas. Jadi saya terima ini sebagai nasihat," pungkasnya. (Rm/Red)

Baca Juga:
Tips Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Di Usia 40 Tahun

Tips Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Di Usia 40 Tahun

Tips      

20 Mei 2019 | 262


Semakin bertambah umur kulit semakin memerlukan perawatan. Apalagi memasuki usia 40 tahunan, kulit wajah akan menunjukan penuaan. Masalah yang sering yang dihadapi biasanya kulit menjadi ...

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

Ulasan      

6 Maret 2020 | 46


lintasdetik.com - Anda sering mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan pinjaman uang tunai? Biasanya, dalam pesan yang dikirim tersebut, dijanjikan bahwa proses ...

Beberapa Perbedaan Yang Cukup Menarik Antara OS Android Dan IOS iPhone

Beberapa Perbedaan Yang Cukup Menarik Antara OS Android Dan IOS iPhone

Tekno      

1 Agu 2019 | 389


Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata mampu mengubah perilaku dan pola hidup di era digital saat ini. Hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan dengan cepat. Jika tidak ...

Wow, Ada Momen Unik Antara Ahmad Dhani dengan Maia Estianty di Grand Final Indonesian Idol

Wow, Ada Momen Unik Antara Ahmad Dhani dengan Maia Estianty di Grand Final Indonesian Idol

Nasional      

25 Feb 2020 | 120


lintasdetik.com - Ada yang menarik di grand final Indonesian Idol season X, antara Lyodra Ginting dan Tiara Anugerah. Pada babak Challenge Tribute to Dewa 19, jagat twitter diramaikan ...

Sewa Proyektor Murah Dan Terpercaya Di Jakarta

Sewa Proyektor Murah Dan Terpercaya Di Jakarta

Ulasan      

18 Apr 2019 | 286


Perkembangan dan kemajuan teknologi adalah suatu hal yang bukan baru lagi di masa sekarang ini. Teknologi di rancang sedemikian rupa untuk mempermudah manusia untuk menjalani aktivitas ...

Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah

Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah

Herbal      

11 Sep 2019 | 181


Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah - Sekarang ini menggunakan obat-obatan herbal sudah tidak dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Meskipun banyak obat ...