MU

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

3 Jun 2020  |  66x | Ditulis oleh : FDT
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

Mungkin ada sebagian orang yang sudah merasa bosan karena sedang menjalani karantina mandiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, salah satunya adalah membuat gantungan kunci dari kain flanel. Sebelum memulainya harus mencari tahu dulu cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Membuatnya pun tidak sulit sama sekali, hanya membutuhkan alat-alat sederhana yakni kain flanel, pensil, gunting, benang atau lem tembak, gantungan kunci polos, dacron, dan manik-manik sebagai tambahannya. Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Gambar Pola Pada Kain Flanel

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menggambar pola diatas kain flanel menggunakan pensil. Gambarlah pola sesuai keinginan masing-masing. Misalnya pola berbentuk hati, boneka beruang, kelinci, dan masih banyak lagi. Menggambar pola ini bertujuan agar kain flanel dapat digunting dengan mudah sesuai dengan pola yang sudah dibentuk.

Gambar dua pola yang sama di atas kain flanel tersebut. Jika menggunakan pensil dirasa kurang tebal, dapat menggunakan pulpen atau spidol. Tetapi harus lebih berhati-hati, karena khawatir tinta dari pulpen atau spidol mengotori kain flanel tersebut. Gambarlah dengan hati-hati dan teliti, agar bentuk yang dihasilkan semakin bagus.

2. Gunting Pola

Selanjutnya gunting pola yang sudah digambar diatas kain flanel tersebut. Gunting pola sesuai dengan yang telah dibentuk. Setelah menggunting pola pertama, selanjutnya guntinglah pola selanjutnya.Menggunting pola ini harus sama bentuk yang satu dengan yang lainnya, agar saat dijahit bisa saling menutupi dan terlihat rapi. Berhati-hati saat mengguntingnya agar tidak melukai tangan.

3. Gabungkan Kedua Pola Tersebut

Cara membuat gantungan kunci selanjutnya adalah, menggunting kedua pola yang diinginkan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi satu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara dijahit atau dengan menggunakan lem tembak.Jahit atau merekatkan pinggiran dari pola tersebut, lalu sisakan sedikit lubang di sisi atas untuk memasukkan dakron ke dalamnya.

Jika dijahit, alangkah baiknya untuk menjahitnya dari sisi bawah lalu ke sisi samping. Hal ini bertujuan agar hasil jahitannya rapi dan kuat, sehingga enak untuk dilihat.

4. Isi dengan Dacron

Langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan dakron. Masukkan dakron ke dalam flanel tersebut sampai dirasa cukup. Tidak perlu banyak-banyak memasukkan dacronnya, jika sudah terlihat mengembang itu biasanya sudah cukup.Setelah memasukkan dakron, tutup lubang tersebut dengan jahitan atau lem tembak. Jahit atau rekatkan dengan rapi agar tidak ada dacron yang keluar.

5. Tambahkan Hiasan

Hiaslah flanel tersebut agar terlihat lebih cantik. Bisa menggunakan manik-manik, kancing, atau dengan membuat pita kecil. Hiasan ini biasanya lebih mudah dipasang dengan lem dibandingkan dengan cara dijahit.Tetapi harus hati-hati saat ingin merekatkannya, karena jika lem yang digunakan terlalu banyak akan mengotori bagian dari flanel tersebut. Dan itu sangat mengganggu hasil akhir gantungan kuncinya nanti.

6. Pasang Gantungan Kunci

Setelah kelima langkah diatas telah diselesaikan, langkah terakhir adalah memasang gantungan kuncinya. Gantungan kunci ini bisa dipasang dengan cara menjahit atau merekatkannya menggunakan lem tembak.Pastikan gantungan kuncinya terpasang dengan baik, agar boneka atau flanel yang telah dibuat tidak jatuh saat digantung nanti. Gantungan kunci sudah siap untuk dipasang di tas atau dompet kesayangan.

Itulah tadi cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang sangat simpel. Sangat mudah untuk dibuat bukan? Tentunya selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Diharapkan banyak orang yang terinspirasi dengan kegiatan ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan saat sedang berada di rumah.

Baca Juga:
Wow, Ada Momen Unik Antara Ahmad Dhani dengan Maia Estianty di Grand Final Indonesian Idol

Wow, Ada Momen Unik Antara Ahmad Dhani dengan Maia Estianty di Grand Final Indonesian Idol

Nasional      

25 Feb 2020 | 128


lintasdetik.com - Ada yang menarik di grand final Indonesian Idol season X, antara Lyodra Ginting dan Tiara Anugerah. Pada babak Challenge Tribute to Dewa 19, jagat twitter diramaikan ...

Cara Memilih Busana Muslimah Gamis Wanita yang Benar

Cara Memilih Busana Muslimah Gamis Wanita yang Benar

Fashion      

18 Jul 2019 | 320


Ternyata sekarang іnі Busana Muslimah tеӏаһ merambah kе dunia fesyen ԁаӏаm negeri ԁаn ӏυаг negeri. Mеmіӏіkі Ьаnуаk variasi model ԁеngаn perpaduan busana ...

Dicurigai Melebihi Izin Tinggal 14 WNA Penghuni Apartemen Green Pramuka City Diamankan

Dicurigai Melebihi Izin Tinggal 14 WNA Penghuni Apartemen Green Pramuka City Diamankan

Ulasan      

12 Nov 2019 | 133


Dicurigai Melebihi Izin Tinggal 14 WNA Penghuni Apartemen Green Pramuka City Diamankan - Sebanyak 14 imigran gelap yang berasal dari Afrika diamankan di kantor Imigrasi Kelas 1 non-TPI ...

Referensi Minuman yang Dapat Meningkatkan Stamina Pria

Referensi Minuman yang Dapat Meningkatkan Stamina Pria

Tips      

1 Okt 2018 | 519


Setiap orang tentunya perlu memiliki tenaga atau stamina yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terlebih untuk para pria yang memang mayoritas memiliki kegiatan yang lebih berat ...

Tipe Orang Keras Kepala Ngeyelan Dan Cara Nyleneh Mengatasinya

Tipe Orang Keras Kepala Ngeyelan Dan Cara Nyleneh Mengatasinya

Tips      

18 Jun 2020 | 104


Menghadapi orang yang keras kepala dam ngeyelan itu memang menyebalkan dan ngeselin. Buat tahu cara mengatasinya kamu perlu tahu dulu apa jenis-jenisnya. Ada banyak jenis orang yang ...

Bagi Anda Warga DKI Jakarta, Ini Langkah Penanggulangan Virus Corona yang Disampaikan oleh Anies

Bagi Anda Warga DKI Jakarta, Ini Langkah Penanggulangan Virus Corona yang Disampaikan oleh Anies

Nasional      

3 Maret 2020 | 247


lintasdetik.com - Bagi Anda warga DKI Jakarta, bila merasakan gejala mirip seperti yang terjangkit virus Corona, diharapkan untuk segera melapor melalui nomor 112 atau 119. Hal inilah ...