MU

Heroik! Ini Sosok dibalik Selamatnya Puluhan Siswa SMPN 1 Turi yang Hanyut saat Susur Sungai

26 Feb 2020  |  172xDitulis oleh : Freelancer
Heroik! Ini Sosok dibalik Selamatnya Puluhan Siswa SMPN 1 Turi yang Hanyut saat Susur Sungai

lintasdetik.com - Seorang pemancing dari Dusun Kembangarum, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY, menjadi viral usai tragedi yang merenggut 10 siswa SMP Negeri 1 Turi. Pemancing yang bernama Sudarwanto itu, melakukan aksi heroik untuk menyelamatkan puluhan siswa dari maut. Tidak sedikit warganet yang memberikan pujian kepada sosok Sudarwanto atas keberaniannya itu.

Pria yang akrab juga disapa Kodir (37) menjelaskan, ketika itu dirinya berniat untuk memancing dan berjalan menuju sungai. Saat perjalanan, dirinya mendengarkan suara teriakan minta tolong dari Sungai Sempor, yang jaraknya sekitar 1000 meter dari lokasi rumahnya. Kodir mengakui saat itu memang kondisi debit air sedang tinggi.

“Kondisi debit air memang tinggi waktu itu. Semua anak teriak minta tolong,” jelas Kodir, Senin (24/2).

Mendengar teriakan itu, tanpa pikir panjang Kodir bergegas menuju sungai, dan dirinya kaget mendapati banyak siswa yang ikut hanyut karena derasnya arus sungai. Spontan, dirinya langsung terjun untuk menolong para siswa. Selain dengan menangkap tangan atau badan siswa yang sedang hanyut tenggelam, dirinya pun menggunakan tangga untuk digunakan siswa menyelamatkan diri ke sisi sungai.

“Saya menolong anak-anak yang di sini dulu baru ke utara. Ada yang pakai tangan, pakai tangga. Saya utamakan menyelamatkan yang duluan hanyut,” ujar Kodir.

Selain Kodir, adik dan tetangganya pun turut menolong para siswa SMPN 1 Turi yang terseret arus tersebut. Ketinggian air sungai yang berada pada ketinggian 1 - 1,5 meter, serta derasnya air, sempat membuat mereka kewalahan.

Namun, akhirnya puluhan pelajar SMP yang tenggelam di beberapa titik berhasil diselamatkannya bersama dengan tetangga desa setempat.

“Yang ditolong di sini sekitar 10-15 anak, di sebelah sana juga. Ada sampai 30 lebih yang selamat,” katanya.

Kodir mengakui bahwa rasa kemanusiaan yang membuat dirinya tanpa pikir panjang, terjun ke sungai untuk menolong siswa yang ketakutan dan panik karena tenggelam. Tidak ada yang Kodir pikirkan saat itu, kecuali untuk menyelamatkan semua siswa disana.

“Motivasi saya cuma bagaimana anak-anak yang hanyut selamat. Saya sebagai manusia, kalau ada yang minta tolong, sudah sewajarnya saya tolong,” ungkapnya.

Kodir pun mengakui, bahwa sungai Sempor sudah seperti teman dekatnya. Sudah menjadi hal yang lumrah, dirinya kerap mengisi waktu di sungai tersebut. Selain biasa digunakan untuk memancing, dirinya pun sering menggunakan sungai itu untuk mandi dan berenang.

Meskipun menyelamatkan puluhan siswa, Kodir tetap mengaku bersedih bahwa dirinya tidak berhasil untuk menyelamatkan 10 siswa lainnya, yang akhirnya meninggal dalam tragedi tersebut. Saat evakuasi, banyaknya bebatuan menjadi salah satu hambatan untuk segera menyelamatkan para korban yang tenggelam.

Meski telah menyelamatkan banyak siswa, Kodir tak mampu menyembunyikan kesedihan lantaran ada 10 siswa SMPN 1 Turi yang menjadi korban meninggal dalam tragedi susur sungai itu. Derasnya arus banjir sungai dan banyaknya bebatuan menjadi salah satu kendala dalam membantu mengevakuasi para korban tenggelam.

Baca Juga:
Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Wisata      

14 Maret 2019 | 755


Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel  - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari laut, hutan, gunung dan danau. ...

Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Nasional      

4 Maret 2020 | 200


lintasdetik.com - Setelah dua orang WNI dinyatakan positif terjangkit virus Corona, beredar kabar bahwa keduanya baru mengetahui kondisi bahwa dirinya terjangkit virus tersebut saat ...

Tips Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Di Usia 40 Tahun

Tips Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Di Usia 40 Tahun

Tips      

20 Mei 2019 | 317


Semakin bertambah umur kulit semakin memerlukan perawatan. Apalagi memasuki usia 40 tahunan, kulit wajah akan menunjukan penuaan. Masalah yang sering yang dihadapi biasanya kulit menjadi ...

Destinasi Wisata Pantai Di Bali Yang Eksotis Dan Menakjubkan

Destinasi Wisata Pantai Di Bali Yang Eksotis Dan Menakjubkan

Wisata      

15 Agu 2019 | 386


Pulau Bali, pulau yang mempunyai daya tarik tersendiri sebagai Pulau Wisata. Panorama alam dan kebudayaannya yang selalu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Pemandangan alam ...

Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK

Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK

Ulasan      

29 Okt 2019 | 166


Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK - Adanya usaha jasa konstruksi sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu daerah. Dengan adanya ...

Tips Memilih Rangkaian Bunga Untuk Momen - Momen Spesial Anda

Tips Memilih Rangkaian Bunga Untuk Momen - Momen Spesial Anda

Tips      

12 Feb 2019 | 697


Bunga adalah tanaman yang paling banyak disukai oleh semua orang terutama kaum perempuan. Bunga bisa dijadikan alat untuk mengungkapkan perasaan seseorang kepada orang lain. Selain memiliki ...