MU

Tips Memelihara Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Bening

26 Jun 2019  |  211x | Ditulis oleh : FDT
Tips Memelihara Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Bening

Mata Anda merupakan satu panca indera yang paling penting untuk menikmati keindahan yang ada di dunia. Terdapat juga istilah mata adalah jendela hati seseorang. Betapa tidak, mata yang sehat dan bening sangat enak dipandang, dan juga menunjukkan bahwa seseorang selalu menjaganya dengan baik. Jadilah salah satu dari orang-orang yang memiliki mata sehat dengan mengikuti tips memelihara kesehatan mata agar tetap sehat dan bening  berikut ini:

Konsumsi makanan sehat
Fungsi retina mata akan terganggu jika Anda kekurangan vitamin atau mineral. Wortel adalah buah yang paling banyak diyakini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, bisa menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan vitamin A lebih banyak, cenderung dapat mengurangi risiko mata lelah hingga penyakit mata lainnya.

Ikuti petunjuk pemakaian lensa mata
Pengguna lensa kontak harus benar-benar teliti dan selalu memperhatikan pentunjuk penggunaan. Bukan hanya itu saja, jangan pernah tidur semalaman memakai lensa. Lensa kontak hanya boleh dikenakan maksimal paling lama selama 19 jam terus menerus. Penggunaan lensa mata yang terlalu sering akan menumpuk bakteri pada lensa dan dapat merusak fungsi mata secara permanen.

Lakukan pemeriksaan mata awal

Orang dewasa yang tidak memiliki faktor atau tanda risiko penyakit mata, perlu melakukan pemeriksaan mata saat menginjak usia 40 tahun. Bicarakan dengan anggota keluarga terutama orangtua Anda, jika mereka memiliki riwayat penyakit mata sejak awal. Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus segera menemui dokter mata.

Istirahatkan mata
Sadari kemampuan mata Anda sendiri, jika mata lelah bekerja di depan komputer atau menulis dengan jarak dekat, Anda dapat mengikuti jurus 20-20-20. Maksudnya, setiap 20 menit bekerja di depan komputer Anda harus beristirahat paling tidak 20 detik dengan melihat benda atau objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter). Paling tidak istirahatkan mata Anda selama beberapa menit ketika melakukan aktivitas tersebut.

Jaga jarak pandang
Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak pandang ketika sedang berada di depan layar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal adalah sekitar 50-100 cm. Dan hal inipun berlaku ketika sedang membaca buku, jarak yang ideal ialah sekitar 30 cm. Menjaga jarak pandang dapat membantu untuk menghindari mata dari rabun dekat atau miopi.

Pakai pelindung mata
Biasakan untuk selalu memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga guna menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu. Selain itu, kacamata hitam juga mampu memblokir 100% paparan sinar ultraviolet, sehingga membantu mencegah perkembangan katarak. Kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina.

Hentikan merokok
Terutama bagi perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Merokok dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata. Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan penurunan fungsi mata saat usia tua dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Demikianlah tips mudah dalam memelihara kesehatan mata. Jangan mau ambil risiko merusak panca indera yang paling memberikan warna pada dunia Anda ini. Lakukan pemeriksaan secara berkala supaya mata terhindar dari penyakit berbahaya.

Baca Juga:
Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Mancanegara      

25 Apr 2020 | 201


lintasdetik.com - Cyril Ramaphosa, Presiden Afrika Selatan (Afsel) sempat ditertawakan di jagad dunia maya setelah dirinya terlihat kesulitan ketika memakaikan masker sembari berpidato ...

Rental Mobil Di Labuan Bajo Murah Dan Terpercaya

Rental Mobil Di Labuan Bajo Murah Dan Terpercaya

Wisata      

27 Maret 2019 | 535


Rental Mobil Di Labuan Bajo Murah Dan Terpercaya - Labuan bajo merupakan sebuah kota pelabuhan kecil diujung barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Labuan bajo terletak langsung ...

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Wisata      

5 Okt 2018 | 651


Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam Islam yang memiliki nilai pahala yang tinggi. Ibadah umroh sangat dianjurkan untuk orang yang mampu secara fisik, ilmu dan juga finansial. ...

Heboh! Muncul Sawah Mendidih di Sumenep

Heboh! Muncul Sawah Mendidih di Sumenep

Nasional      

26 Feb 2020 | 194


lintasdetik.com - Ada yang unik, masyarakat di daerah Sumenep, dihebohkan dengan munculnya sawah mendidih. Tidak seperti sawah pada umumnya, air di sawah tersebut mengeluarkan ...

PT Alif Khadafi Indonesia Jasa Sewa Mobil PJU dan Alat Berat Terbaik Di Jabodetabek

PT Alif Khadafi Indonesia Jasa Sewa Mobil PJU dan Alat Berat Terbaik Di Jabodetabek

Ulasan      

23 Maret 2020 | 181


Mobil PJU atau mobil skylift mempunyai kegunaan dan desain yang sama. Jika mobil skylift memiliki fungsi untuk perbaikan gedung-gedung di kota besar. Sedangkan untuk mobil pju biasanya ...

Kini Italia Menjadi Negara yang Sunyi, karena Kebijakan Karantina Akibat Virus Corona

Kini Italia Menjadi Negara yang Sunyi, karena Kebijakan Karantina Akibat Virus Corona

Mancanegara      

9 Maret 2020 | 112


lintasdetik.com - Corona meluas, kini dampaknya dirasakan langsung di Negara Italia. Saat ini, pemerintah Italia sudah menutup bagian utara dan sebagian tenggara negaranya. Kebijakan ...