rajatraffic

Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

1 Maret 2020  |  185xDitulis oleh : Freelancer
Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

lintasdetik.com - Puasa bicara yang dilakukan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian wahyudi, dinilai keputusan yang kurang bijak. Hal ini disampaikan oleh Emrus Sihombing, pengamat komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan. Emrus berpendapat, Yudian adalah pejabat publik yang malah seharusnya perlu untuk menyampaikan hasil kinerjanya kepada publik.

"Menurut saya itu sangat tidak bijak, sebagai pejabat publik dia harus bertanggungjawab kepada tugas-tugasnya," ujar Emrus, Ahad (1/3).

Seperti yang diketahui, sebelumnya Yudian sempat beberapa kali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Yudian sempat menyebut bahwa agama adalah musuh besar dari Pancasila. Sontak, pernyataan ini mengundang ragam reaksi, termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI bahkan mendesak agar Presiden Jokowi segera mencopot Yudian dari jabatannya sebagai Kepala BPIP. Kejadian inilah yang akhirnya membuat Yudian memilih untuk diam. Yudian seharusnya lebih sering untuk berbicara di depan publik, karena ini menyangkut dengan tanggungjawabnya sebagai Kepala BPIP.

"Saya berani mengatakan, satu detik pun tidak boleh berhenti mewacanakan tentang Pancasila kita. Kalau memang itu momentum yang pas, tidak boleh tutup mulut atau diam, tidak boleh. Sebagai pejabat publik dia harus menyampaikan tanggung jawabnya itu," jelas Emrus, yang juga sebagai direktur eksekutif Lembaga Emurs Corner.

Selain menyampaikan pandangannya, Emrus juga memberikan masukan agar Yudian belajar banyak tentang tata cara berkomunikasi di hadapan publik, agar tidak terjadi kembali kesalahan yang sama.

"Sebagai kepala BPIP dia perlu mempunyai kemampuan, kedewasaan komunikasi di ruang publik," saran Emrus.

Perlu diketahui, sebelumnya Yudian memilih untuk berpuasa dalam berbicara selama setahun. Hal ini akui dirinya untuk menghindari permasalahan yang sempat membuat ramai, beberapa waktu yang lalu. 

"Kira-kira setahunlah (puasa bicara), saya belajar dulu. Semua yang permulaan khan sulit ya. Harus belajar dulu, mengamati-amati dulu," kata dia, saat menolak permintaan wawancara sejumlah awak media, di Yogyakarta (29/2).

"Nanti rencananya kalau ada gini (wawancara) harus pakai draft agar saya tidak kepleset-lah. Ini demi kebaikan republik," lanjutnya.

Dirinya pun mengakui sudah mendapatkan imbauan dari DPR RI agar selalu menggunakan naskah tertulis yang telah dipersiapkan saat berbicara di depan publik. Yudian mengakui tersebut sebagai nasihat yang dia terima.

"Itu yang namanya kalau dalam Islam amar ma'ruf nahi munkar. Amar ma'ruf itu DPR memerintahkan kepada saya melakukan yang baik-baik. Kalau di depan publik pakai draft gitu, pakai humas kaya gitu jadi subjektivitas saya tidak terlalu menonjol," kata dia.

"Yang dibilang munkar ya tadi. Kalau kepleset ngomong kan munkar, dalam arti luas. Jadi saya terima ini sebagai nasihat," pungkasnya. (Rm/Red)

Baca Juga:
Tipe Orang Keras Kepala Ngeyelan Dan Cara Nyleneh Mengatasinya

Tipe Orang Keras Kepala Ngeyelan Dan Cara Nyleneh Mengatasinya

Tips      

18 Jun 2020 | 96


Menghadapi orang yang keras kepala dam ngeyelan itu memang menyebalkan dan ngeselin. Buat tahu cara mengatasinya kamu perlu tahu dulu apa jenis-jenisnya. Ada banyak jenis orang yang ...

Corona Effect, Karyawan Hotel Sudah Mulai Ada yang Dirumahkan karena Penurunan Turis yang Menginap

Corona Effect, Karyawan Hotel Sudah Mulai Ada yang Dirumahkan karena Penurunan Turis yang Menginap

Nasional      

10 Maret 2020 | 125


lintasdetik.com - Virus Corona sudah mulai berdampak terhadap perekonomian di Indonesia. Salah satunya, menurunkan tingkat keterisian dari hotel atau okupansi hotel yang ada di ...

Dunia Terancam Resesi Ekonomi, Dampak Virus Corona

Dunia Terancam Resesi Ekonomi, Dampak Virus Corona

Mancanegara      

11 Maret 2020 | 155


lintasdetik.com - Virus Corona mulai menunjukkan dampak yang mengkhawatirkan, salahsatunya adalah ancaman resesi global, dimana hal ini membuat para investor di pasar keuangan ...

Dana Syariah Motor Solusi Masalah Keuangan Anda Bebas Riba

Dana Syariah Motor Solusi Masalah Keuangan Anda Bebas Riba

Ulasan      

2 Okt 2019 | 124


Dana Syariah Motor Solusi Masalah Keuangan Anda Bebas Riba - Terkadang ada saat-saar dimana keuangan kita sedang dalam masa sulit sehingga tidak ada cadangan dana untuk keperluan tertentu ...

Beras Organik Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Dan Jantung

Beras Organik Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Dan Jantung

Ulasan      

7 Agu 2019 | 258


Mengapa harus beras organik? Salah satu penyebab terbesar merosotnya daya tahan tubuh manusia adalah timbulnya berbagai penyakit dan penuaan dini yang diakibatkan pencemaran akan bahan ...

Kronologi Meninggalnya Suami Bunga Citra Lestari, Begini kata Maia

Kronologi Meninggalnya Suami Bunga Citra Lestari, Begini kata Maia

Nasional      

18 Feb 2020 | 201


LintasDetik.com - Kabar duka dari dunia selibriti tanah air. Suami dari Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair, meninggal dunia dini hari tadi (18/2). Ashraf meninggal dalam usia ...