rajaview

Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

25 Nov 2020  |  60x | Ditulis oleh : FDT
Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi membawa kemajuan di dunia finansial dengan adanya fintech atau financial technologi. Dan salah satu kategori fintech yang berkembang pesat di Indonesia adalah P2P lending atau peer-to-peer lending. Tentunya Anda ingin mengetahui apa itu P2P Lending itu? dan bagaimana Cara Kerja P2P Lending?

Peer to peer lending adalah sebuah platform online yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Lalu bagaimana cara kerja dari P2P lending tersebut? Berikut ini ulasannya.

  •  Peminjam Dana

Jika Anda adalah seorang borrower atau peminjam dana yang ingin mengajukan pinjaman maka P2P lending menawarkan kecepatan dan kemudahan karena memiliki proses yang lebih singkat dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional.

Disini Anda hanya perlu mengunggah beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP, memiliki sumber pendapatan tetap, dan keuangan baik berdasarkan laporan keuangan tiga bulan terakhir. Dan bagi badan usaha yang mendaftar sebagai peminjam biasanya akan diminta untuk menyerahkan dokumen identitas, bukti legalitas perusahaan dan laporan keuangan usaha.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua permohonan pinjaman akan disetujui. Tim analisis P2P lending akan menyeleksi apakah permohonan pinjaman Anda layak diteruskan atau tidak. Dan mereka juga akan menetapkan skor kredit yang menentukan besaran nilai pinjaman, tenor, dan bunga pinjaman. Calon peminjam harus memiliki skor kredit yang baik untuk dapat memperoleh pinjaman.

Apabila disetujui, permohonan pinjaman Anda akan dimasukkan kedalam sistem sehingga semua investor bisa melihat pengajuan Anda. Perlu diketahui di P2P lending pinjaman yang diajukan satu orang dapat didanai oleh beberapa orang sekaligus. Begitu pula sebaliknya pinjaman oleh beberapa orang dapat didanai satu orang.

  • Investor atau Pemberi Dana

Jika Anda seorang investor maka Anda bisa melakukan investasi di platform P2P Lending dengan cara meminjamkan uang tersebut kepada orang lain. Sebagai seorang investor, Anda akan memiliki akses untuk menelusuri data-data pengajuan pinjaman terutama data-data yang relevan peminjam. Seperi pendapatan, riwayat keuangan, dan tujuan peminjaman.

Apabila Anda sudah menginvestasikan uang dengan cara memberi pinjaman maka peminjam akan mencicil dana pinjaman setiap bulan dan tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan berupa pokok dan bunga. Besaran bunga akan tergantung pada suku bunga pinjaman yang diinvestasikan.

Jika Anda tertarik untuk meminjam atau menginvestasikan uang di P2P Lending, Anda perlu ingat bahwa platform ini tidak bebas dari risiko. Berikut ini kekurangan yang perlu Anda ketahui:

Bagi Peminjam Dana

  • Jika Anda terlambat membayar pinjaman tagihan akan meningkat signifikan. Jika gagal membayar pinjaman maka jumlah yang harus dibayarkan akan meningkat tinggi.
  • Pinjaman hanya cocok untuk jangka pendek karena semakin lama jangka waktu pinjaman maka tagihan akan terus naik.
  • Suku bunga pinjaman P2P lending akan semakin tinggi ketika kelayakan kredit Anda jatuh.
  • Ada kemungkinan kebutuhan dana pinjaman dapat terpenuhi secara keseluruhan. Tetapi tidak ada jaminan bahwa seluruh pengajuan pinjaman dana akan terpenuhi.

Bagi Investor atau Peminjam Dana

  • Ada kemungkinan si peminjam akan gagal dalam mengembalikan uang pinjamannya sehingga dana yang dipinjamkan dapat lengkap. Tetapi hal ini sudah diatasi oleh mayoritas platform P2P Lending dengan jaminan yang diberikan kepada pendana.
  • Apabila menginvestasikan uang melalui P2P Lending, Anda tidak bisa menarik uang yang sudah diinvestasikan kapanpun. Hal ini tidak seperti ketika Anda menyetor uang ke Bank.

Setelah Anda mengetahui Apa Itu P2P Lending dan bagaimana cara kerjanya, dan Anda tertarik untuk menjadi bagian dari platform P2P lending, pastikan Anda memilih platform P2P Lending yang cocok bagi Anda. Akseleran Platform P2P Lending yang aman dan menguntungkan. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan platform P2P Lending Akseleren:

Sebagai Peminjam

Anda dapat mengembangkan usaha Anda melalui pinjaman dana dari Akseleran dengan proses yang relative lebih singkat dan tentunya agunan yang lebih fleksible seperti invoice, SPK, PO atau kontrak. Anda tidak perlu dating, cukup lakukan semuanya secara online dan tunggu hasil pengajuan Anda.

Sebagai Investor atau Pemberi Pinjaman

Anda dapat mengembangkan dana Anda mulai dari 100 ribu dengan bunga 21% per tahun dan dapatkan proses transaksi yang lebih aman dengan adanya proteksi asuransi di setiap peluangnya.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih jelasnya tentang Akseleran P2P Lending mengenai pinjaman langsung atau pendanaan, Anda bisa mengunjungi website resmi akseleran di www.akseleran.co.id.

Baca Juga:
Garasi.id Situs Kredit Mobil Bekas Terpercaya Dengan Cara Pengajuan Kredit Paling Mudah

Garasi.id Situs Kredit Mobil Bekas Terpercaya Dengan Cara Pengajuan Kredit Paling Mudah

Ulasan      

17 Feb 2020 | 323


Garasi.id Situs Kredit Mobil Bekas Terpercaya Dengan Cara Pengajuan Kredit Paling Mudah - Ketika kita berencana untuk membeli kendaraan roda empat, tentunya banyak aspek yang akan kita ...

pastor gereja

Dosa dan Bisnis Kotor Petinggi Gereja

Tips      

17 Jan 2021 | 7


Dosa dan Bisnis Kotor Petinggi Gereja Kerawanan gereja menjadi tempat pencucian uang mengkhawatirkan lantaran di beberapa gereja raksasa, pendeta bisa terlibat melakukan bisnis; sebuah ...

5 Trik Psikologis ini Akan Membantu Anda Menghadapi Masalah!

5 Trik Psikologis ini Akan Membantu Anda Menghadapi Masalah!

Tips      

10 Maret 2020 | 143


psikologi sederhana - Anda yang sedang menjalani aktivitas, biasanya menghadapi ragam masalah dan tentunya berupaya untuk menemukan bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan. Salah ...

Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Nasional      

24 Feb 2020 | 191


lintasdetik.com - Meskipun sebagai tahanan, napi dianggap memiliki hak untuk menyalurkan hasrat biologisnya. Demikian, alasan anggota Komisi III DPR RI, Safaruddin, yang meminta kepada ...

Wow, Ini 7 Fakta Tentang Lubang Hitam! Kamu Sudah Tahu?

Wow, Ini 7 Fakta Tentang Lubang Hitam! Kamu Sudah Tahu?

Tekno      

11 Feb 2020 | 164


LintasDetik.com - Pernah Anda membayangkan, suatu tempat dimana seluruh benda, terserap dengan sangat kuat, bahkan planet, bulan, maupun cahaya tidak bisa luput. Gambaran di atas, ...

Sama Seperti Kamera, ini Cara Agar Anda Dapat Memotret Kehidupan!

Sama Seperti Kamera, ini Cara Agar Anda Dapat Memotret Kehidupan!

Ulasan      

24 Feb 2020 | 190


LintasDetik.com - Di era sekarang, setiap kali kita melakukan perjalanan tentunya kita tidak pernah lepas untuk selalu mengabadikan momen terbaik dengan berpotret. Baik Berpotret ...