rajatv

Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

25 Nov 2020  |  161x | Ditulis oleh : FDT
Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi membawa kemajuan di dunia finansial dengan adanya fintech atau financial technologi. Dan salah satu kategori fintech yang berkembang pesat di Indonesia adalah P2P lending atau peer-to-peer lending. Tentunya Anda ingin mengetahui apa itu P2P Lending itu? dan bagaimana Cara Kerja P2P Lending?

Peer to peer lending adalah sebuah platform online yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Lalu bagaimana cara kerja dari P2P lending tersebut? Berikut ini ulasannya.

  •  Peminjam Dana

Jika Anda adalah seorang borrower atau peminjam dana yang ingin mengajukan pinjaman maka P2P lending menawarkan kecepatan dan kemudahan karena memiliki proses yang lebih singkat dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional.

Disini Anda hanya perlu mengunggah beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP, memiliki sumber pendapatan tetap, dan keuangan baik berdasarkan laporan keuangan tiga bulan terakhir. Dan bagi badan usaha yang mendaftar sebagai peminjam biasanya akan diminta untuk menyerahkan dokumen identitas, bukti legalitas perusahaan dan laporan keuangan usaha.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua permohonan pinjaman akan disetujui. Tim analisis P2P lending akan menyeleksi apakah permohonan pinjaman Anda layak diteruskan atau tidak. Dan mereka juga akan menetapkan skor kredit yang menentukan besaran nilai pinjaman, tenor, dan bunga pinjaman. Calon peminjam harus memiliki skor kredit yang baik untuk dapat memperoleh pinjaman.

Apabila disetujui, permohonan pinjaman Anda akan dimasukkan kedalam sistem sehingga semua investor bisa melihat pengajuan Anda. Perlu diketahui di P2P lending pinjaman yang diajukan satu orang dapat didanai oleh beberapa orang sekaligus. Begitu pula sebaliknya pinjaman oleh beberapa orang dapat didanai satu orang.

  • Investor atau Pemberi Dana

Jika Anda seorang investor maka Anda bisa melakukan investasi di platform P2P Lending dengan cara meminjamkan uang tersebut kepada orang lain. Sebagai seorang investor, Anda akan memiliki akses untuk menelusuri data-data pengajuan pinjaman terutama data-data yang relevan peminjam. Seperi pendapatan, riwayat keuangan, dan tujuan peminjaman.

Apabila Anda sudah menginvestasikan uang dengan cara memberi pinjaman maka peminjam akan mencicil dana pinjaman setiap bulan dan tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan berupa pokok dan bunga. Besaran bunga akan tergantung pada suku bunga pinjaman yang diinvestasikan.

Jika Anda tertarik untuk meminjam atau menginvestasikan uang di P2P Lending, Anda perlu ingat bahwa platform ini tidak bebas dari risiko. Berikut ini kekurangan yang perlu Anda ketahui:

Bagi Peminjam Dana

  • Jika Anda terlambat membayar pinjaman tagihan akan meningkat signifikan. Jika gagal membayar pinjaman maka jumlah yang harus dibayarkan akan meningkat tinggi.
  • Pinjaman hanya cocok untuk jangka pendek karena semakin lama jangka waktu pinjaman maka tagihan akan terus naik.
  • Suku bunga pinjaman P2P lending akan semakin tinggi ketika kelayakan kredit Anda jatuh.
  • Ada kemungkinan kebutuhan dana pinjaman dapat terpenuhi secara keseluruhan. Tetapi tidak ada jaminan bahwa seluruh pengajuan pinjaman dana akan terpenuhi.

Bagi Investor atau Peminjam Dana

  • Ada kemungkinan si peminjam akan gagal dalam mengembalikan uang pinjamannya sehingga dana yang dipinjamkan dapat lengkap. Tetapi hal ini sudah diatasi oleh mayoritas platform P2P Lending dengan jaminan yang diberikan kepada pendana.
  • Apabila menginvestasikan uang melalui P2P Lending, Anda tidak bisa menarik uang yang sudah diinvestasikan kapanpun. Hal ini tidak seperti ketika Anda menyetor uang ke Bank.

Setelah Anda mengetahui Apa Itu P2P Lending dan bagaimana cara kerjanya, dan Anda tertarik untuk menjadi bagian dari platform P2P lending, pastikan Anda memilih platform P2P Lending yang cocok bagi Anda. Akseleran Platform P2P Lending yang aman dan menguntungkan. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan platform P2P Lending Akseleren:

Sebagai Peminjam

Anda dapat mengembangkan usaha Anda melalui pinjaman dana dari Akseleran dengan proses yang relative lebih singkat dan tentunya agunan yang lebih fleksible seperti invoice, SPK, PO atau kontrak. Anda tidak perlu dating, cukup lakukan semuanya secara online dan tunggu hasil pengajuan Anda.

Sebagai Investor atau Pemberi Pinjaman

Anda dapat mengembangkan dana Anda mulai dari 100 ribu dengan bunga 21% per tahun dan dapatkan proses transaksi yang lebih aman dengan adanya proteksi asuransi di setiap peluangnya.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih jelasnya tentang Akseleran P2P Lending mengenai pinjaman langsung atau pendanaan, Anda bisa mengunjungi website resmi akseleran di www.akseleran.co.id.

Berita Terkait
Baca Juga:
Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab Agar Terlihat Cantik dan Elegan

Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab Agar Terlihat Cantik dan Elegan

Fashion      

29 Mei 2020 | 194


Kebaya merupakan pakaian wanita yang digunakan ketika ada acara penting serta istimewa, seperti pernikahan dan wisuda. Pada saat wisuda setiap orang akan mempercantik dirinya, karena ...

Soal Usulan Kenaikan Gaji Pimpinan Rp 300 juta, Ini Penjelasan dari KPK

Soal Usulan Kenaikan Gaji Pimpinan Rp 300 juta, Ini Penjelasan dari KPK

Nasional      

3 Apr 2020 | 246


lintasdetik.com - Di tengah kesulitannya ekonomi masyarakat saat pandemi virus Corona atau dikenal dengan covid-19, kabar permintaan kenaikan gaji untuk pimpinan Komisi Pemberantasan ...

Rental Mobil Crane & Mobil Pju Termurah dan Terpercaya

Rental Mobil Crane & Mobil Pju Termurah dan Terpercaya

Ulasan      

9 Maret 2020 | 242


Rental Mobil Crane & Mobil Pju Termurah dan Terpercaya - Dalam sebuah pembangunan besar tentunya seorang pemimpin bangunan benar-benar membutuhkan adanya bantuan alat-alat berat ...

Sailing Komodo Tour Cara Lain Menikmati Wisata Pulau Komodo

Sailing Komodo Tour Cara Lain Menikmati Wisata Pulau Komodo

Wisata      

28 Agu 2020 | 290


Indonesia dikenal mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, dari mulai ujung barat hingga ujung timur. Salah satu yang cukup banyak dikunjungi belakangan ini ...

Waduh, ditinggal Parkir Sampai Senilai 893 Juta Rupiah, Ini Ketujuh Mobil Tersebut

Waduh, ditinggal Parkir Sampai Senilai 893 Juta Rupiah, Ini Ketujuh Mobil Tersebut

Nasional      

24 Apr 2020 | 303


lintasdetik.com - Ada-ada saja, tujuh mobil ini terparkir selama bertahun-tahun di Bandara Soekarno-Hatta. Tidak tanggung-tanggung, nilai biaya parkir untuk ketujuh mobil ini mencapai ...

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Nasional      

6 Maret 2020 | 157


lintasdetik.com - Cukup maraknya penceramah agama yang hanya mengandalkan kelucuan saat berdakwah, disoroti oleh Mahfud MD. Mahfud yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, ...