rajatv

Sinar Biru Gadget Dapat Menimbulkan Kebutaan dan Cara Mengatasinya

8 Feb 2019  |  722x | Ditulis oleh : FDT
gadget, blue light, sinar biru, bahaya gadget, bahaya pemakaian gadget berlebihan, efek buruk sinar biru pada gadget

Sinar Biru Gadget Dapat Menimbulkan Kebutaan dan Cara Mengatasinya – Teknologi pada masa sekarang ini sudah begitu canggih. Dengan semakin majunya jaman, kecanggihan teknologi dapat membantu dalam melakukan pekerjaan, seperti ponsel, komputer ataupun laptop. Seperti ponsel, hanya dengan menggunakan jari diatas layar ponsel, pesan yang kita kirim akan langsung sampai kepada orang lain. Tidak heran jika sekarang banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya tertuju pada ponsel, perangkat digital ataupun laptop untuk mendapatkan berbagai informasi dan hiburan. Walaupun memberikan banyak kemudahan tetapi gadget juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan penggunanya.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa blue light atau sinar biru yang ditimbulkan dari laptop, smartphone atau perangkat digital lainnya dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan.

University of Toledo di Amerika Serikat melakukan penelitian, mengatakan bahwa paparan sinar biru yang terlalu lama dapat memicu sel-sel fotoreseptor (peka mata) pada mata yang menghasilkan molekul beracun yang dapat membahayakan mata.

Molekul ini disebut sebagai retinal yang pada mulanya berfungsi untuk membantu fotoreseptor untuk menangkap cahaya dan memberikan sinyal ke otak. Akan tetapi dengan adanya sinar biru dapat mengubah retinal menjadi molekul yang berbahaya untuk sel fotoreseptor karena dapat melarutkan membran sel peka cahaya. Secara bertahap, cahaya atau sinar biru tersebut dapat mengakibatkan mata pengguna menjadi buta.

Sebenarnya sinar biru bermanfaat untuk meningkatkan mood dan perhatian seseorang, akan tetapi jika berlebihan dan terlalu sering terpapar sinar biru akan berdampak negatif bagi kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak buruk dari sinar biru, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti :

  • Jika Anda yang bekerja harus atau menggunakan perangkat elektronik yang terdapat sinar biru, gunakan teknik minimalkan dampak sinar biru yaitu dengan melakukan istirahatkan mata selama 20 menit dari komputer, gadget atau laptop lalu pandang objek dengan jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik.

 

  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung lutein, karena lutei adalah jenis senyawa karotenoid yang dapat membantu memfilter sinar biru atau UVB dari matahari. Makanan yang mengandung lutein terdapat pada sayuran hijau tua seperti kangkung dan bayam.

 

  • Membatasi penggunaan Gadget. Batasi penggunana gadget terutama pada anak, karena kekebalan tubuh pada anak lebih rentan daripada orang dewasa, dan blue light akan lebih banyak terserap oleh mata anak-anak sekitar 70% hingga 80%. Oleh sebab ini hindari atau kurangi penggunaan gadget pada anak dan jangan berikan gadget sebagai hiburan untuk bayi berupa video dari gadget. Karena hal ini akan menyebabkan kebutaan pada anak.

 

  • Mengatur Jarak pandang ketika menggunakan gadget, komputer atau laptop. Jarak pandang sebaiknya sekitar kurang lebih 30cm. Dan posisikan gadget atau laptop sejajar dengan arah pandang ke depan, supaya tidak membuat leher atau mata tertunduk saat menggunakannya.

  • Gunakan Filter dan pengaturan cahaya. Pada saat bekerja Anda menggunakan gadget atau laptop dalam waktu lama, sebaiknya menggunakan kacamata anti radiasi agar mata dapat terhindar dari paparan sinar biru.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan mata saja akan tetapi dapat juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu Anda perlu menggunakan layar peredam cahaya untuk gadget atau laptop Anda.

 

Ada baiknya untuk memastikan mata Anda tetap dalan kondisi baik dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Ini disebabkan karena tidak semua masalah mata menimbulkan gejala. Jika Anda mengalami keluhan pada mata sebaiknya segera periksakan ke dokter.  

Baca Juga:
Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Nasional      

13 Feb 2020 | 136


LintasDetik.com - Setelah pelaksanaan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Ketua Umum terpilih, Zulkifli Hasan, menyampaikan permohonan maafnya kepada Amien Rais. Alasan ...

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Ulasan      

3 Mei 2019 | 452


Karpet merupakan salah satu alas yang seringkali digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan jenisnya. Karpet yang biasa digunakan oleh para umat muslim ketika beribadah shalat ...

Voi.id Situs Berita, Membaca Sebuah Berita Layaknya Membaca Sebuah Cerita

Voi.id Situs Berita, Membaca Sebuah Berita Layaknya Membaca Sebuah Cerita

Tekno      

11 Jul 2020 | 31


Dulu untuk menerima sebuah info terutama berita kita perlu membeli sebuah media cetak seperti koran atau majalah. Tetapi seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi kita bisa dengan ...

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Nasional      

6 Maret 2020 | 71


lintasdetik.com - Cukup maraknya penceramah agama yang hanya mengandalkan kelucuan saat berdakwah, disoroti oleh Mahfud MD. Mahfud yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, ...

Imbas Kebijakan Penghentian Umroh dari Arab Saudi, Kepadatan di Soetta hingga Jemaah ditolak Masuk Saudi

Imbas Kebijakan Penghentian Umroh dari Arab Saudi, Kepadatan di Soetta hingga Jemaah ditolak Masuk Saudi

Nasional      

27 Feb 2020 | 260


lintasdetik.com - Menanggapi penghentian sementara umroh, Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (Sapuhi), Syam Resfiadi, mengonfirmasi bahwa jemaah umrah sejak pukul 12.00 ...

Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab Agar Terlihat Cantik dan Elegan

Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab Agar Terlihat Cantik dan Elegan

Fashion      

29 Mei 2020 | 74


Kebaya merupakan pakaian wanita yang digunakan ketika ada acara penting serta istimewa, seperti pernikahan dan wisuda. Pada saat wisuda setiap orang akan mempercantik dirinya, karena ...