rajabacklink

Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi

1 Des 2019  |  556x | Ditulis oleh : FDT
Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi

Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi - SIUJK adalah surat izin usaha yang dikeluarkan pemerintah daerah kepada perusahaan untuk dapat melaksanakan kegiatan Usaha Jasa Konstruksi baik sebagai perencana konstruksi (konsultan), pelaksana konstruksi (kontraktor) atau sebagai pengawas dan perencana konstruksi (konsultan). Untuk pembuatan SIUJK diperlukan jasa pengurusan SIUJK. Jasa konsultan ini akan menangani bermacam syarat dalam pembuatan SIUJK dan tentunya biaya pengurusan siujk yang ditetapkan berbeda-beda pada setiap jasa konsultan.

SIUJK mutlak diperlukan agar sebuah usaha jasa konstruksi dapat berkembang. Tidak hanya mengerjakan pekerjaan yang kecil dan sederhana. Sebuah bidang usaha harus menyelesaikan banyak proyek untuk menambah pengalaman dan portofolio mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang Anda akan dapat jika memiliki SIUJK :

Mengikuti Berbagai Tender

Salah satu cara untuk mendapatkan tender proyek adalah dengan mengikuti tender yang diadakan oleh berbagai instansi, misalnya dari pemerintah. Menurut peraturan pemerintah, setiap BUJK yang telah memiliki SIUJK berhak mengikuti proses pengadaan jasa konstruksi yang artinya, untuk mengikuti lelang proyek ini, setiap peserta wajib memiliki SIUJK sebagai salah satu kelengkapan administrasi. Dokumen asli dan masih berlaku sangat dibutuhkan agar dapat mengikuti tender secara sah.

Perencana Konstruksi

Jasa perencanaan konstruksi akan dikenakan tarif pajak sebesar 6% jika tidak memiliki SBU. Sementara itu, penyedia jasa yang memilikinya hanya akan dikenakan pajak sebesar 4%.

Pengurangan Nilai Pajak

Semua perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi termasuk pajak dan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2008, pajak tetap dikenakan kepada semua perusahaan baik yang memiliki sertifikat maupun yang tidak memiliki. Yang membedakan hanya tarifnya saja. Karena SBU merupakan salah satu syarat dalam pembuatan SIUJK, oleh karena itu keberadaan sertifikat memberikan manfaat yang berhubungan dengan pengurangan pajak. Biaya pembuatan SIUJK yang ditanggung tidak akan sebanding dengan besarnya yang harus dibayarkan setiap tahunnya jika tidak memiliki izin usaha. dalam jasa konstruksi dikelompokkan kedalam 3 kategori seperti:

Perencanaan Konstruksi 

Jasa perencanaan konstruksi akan dikenakan tarif pajak sebesar 6% jika tidak memiliki SBU. Sementara itu, penyedia jasa yang memilikinya hanya dikenakan pajak sebesar 4%.

Pelaksana Konstruksi

Diatur di dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/PRT/M/2011  tentang “Pembagian Subklasifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi”, besar tarif pajak yang dikenakan juga bergantung pada tingkatan kompetensinya, apakah termasuk usaha kecil, menengah, atau besar.

Penyedia jasa pelaksanaan konstruksi yang memiliki sertifikat akan dikenakan tarif 2% untuk yang tergolong dalam usaha kecil. Sementara itu, usaha jasa konstruksi menengah dan besar yang memiliki sertifikat akan dikenakan 3%. Hal ini sangat baik, mengingat perusahaan yang tidak mengurus sertifikatnya akan dikenakan tarif pajak yang lebih besar, yaitu 4%.

Pengawas Konstruksi

Untuk jasa pengawasan konstruksi, aturan pajak yang dikenakan juga sama seperti pada jasa perencanaan. Penyedia jasa pengawasan yang memiliki sertifikat akan dikenakan 4% dari penghasilan. sedangkan bagi yang tidak memiliki sertifikat akan dikenakan 6%.

Dua hal di atas menunjukkan kepemilikan SIUJK sangat membantu pemilik usaha untuk bertahan di antara para kompetitor dan bersaing dalam mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu agar perusahaan Anda diakui dan dapat mengikuti berbagai tender dalam proyek, sudah selayaknya Anda memiliki SIUJK dan untuk lebih praktis dan efisien tidak mengganggu kinerja Anda yang lain, ada baiknya Anda bekerja sama dengan jasa pembuatan SIUJK yang dapat dipercaya dan terbaik.Terlepas dari berapa biaya pembuatan SIUJK yang diperlukan, sudah selayaknya Anda mulai mengurusnya jika belum memiliki sertifikat izin usaha ini.

Berita Terkait
Baca Juga:
Corona Effect, Karyawan Hotel Sudah Mulai Ada yang Dirumahkan karena Penurunan Turis yang Menginap

Corona Effect, Karyawan Hotel Sudah Mulai Ada yang Dirumahkan karena Penurunan Turis yang Menginap

Nasional      

10 Maret 2020 | 144


lintasdetik.com - Virus Corona sudah mulai berdampak terhadap perekonomian di Indonesia. Salah satunya, menurunkan tingkat keterisian dari hotel atau okupansi hotel yang ada di ...

Universitas Favorit Dan Berkualitas Di Bandung Timur

Universitas Favorit Dan Berkualitas Di Bandung Timur

Ulasan      

10 Apr 2019 | 725


Dalam usaha mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan siapapun boleh ikut terlibat, tidak hanya bertumpu pada pemerintah. Pihak swastapun boleh ...

Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Fashion      

11 Jun 2019 | 859


Berbicara mengenai trend, ada berbagai jenis pakaian yang dirancang dengan penampilan yang berbeda dengan yang lainnya dan terlihat istimewa. Salah satu pakaian tersebut adalah baju gamis ...

Jasa konsultan IT Solusi Terbaik Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Jasa konsultan IT Solusi Terbaik Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Ulasan      

1 Jul 2019 | 328


Jasa konsultan IT Solusi Terbaik Untuk Kemajuan Bisnis Anda - Zaman semakin canggih dan mobilitas bermacam informasi semakin tinggi. Yang memiliki keahlian dan selalu  up date ...

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Wisata      

5 Okt 2018 | 744


Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam Islam yang memiliki nilai pahala yang tinggi. Ibadah umroh sangat dianjurkan untuk orang yang mampu secara fisik, ilmu dan juga finansial. ...

pastor gereja

Dosa dan Bisnis Kotor Petinggi Gereja

Tips      

17 Jan 2021 | 4


Dosa dan Bisnis Kotor Petinggi Gereja Kerawanan gereja menjadi tempat pencucian uang mengkhawatirkan lantaran di beberapa gereja raksasa, pendeta bisa terlibat melakukan bisnis; sebuah ...