rajatv

Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi

1 Des 2019  |  514x | Ditulis oleh : FDT
Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi

Manfaat Memiliki SIUJK Untuk Perusahaan Jasa Konstruksi - SIUJK adalah surat izin usaha yang dikeluarkan pemerintah daerah kepada perusahaan untuk dapat melaksanakan kegiatan Usaha Jasa Konstruksi baik sebagai perencana konstruksi (konsultan), pelaksana konstruksi (kontraktor) atau sebagai pengawas dan perencana konstruksi (konsultan). Untuk pembuatan SIUJK diperlukan jasa pengurusan SIUJK. Jasa konsultan ini akan menangani bermacam syarat dalam pembuatan SIUJK dan tentunya biaya pengurusan siujk yang ditetapkan berbeda-beda pada setiap jasa konsultan.

SIUJK mutlak diperlukan agar sebuah usaha jasa konstruksi dapat berkembang. Tidak hanya mengerjakan pekerjaan yang kecil dan sederhana. Sebuah bidang usaha harus menyelesaikan banyak proyek untuk menambah pengalaman dan portofolio mereka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang Anda akan dapat jika memiliki SIUJK :

Mengikuti Berbagai Tender

Salah satu cara untuk mendapatkan tender proyek adalah dengan mengikuti tender yang diadakan oleh berbagai instansi, misalnya dari pemerintah. Menurut peraturan pemerintah, setiap BUJK yang telah memiliki SIUJK berhak mengikuti proses pengadaan jasa konstruksi yang artinya, untuk mengikuti lelang proyek ini, setiap peserta wajib memiliki SIUJK sebagai salah satu kelengkapan administrasi. Dokumen asli dan masih berlaku sangat dibutuhkan agar dapat mengikuti tender secara sah.

Perencana Konstruksi

Jasa perencanaan konstruksi akan dikenakan tarif pajak sebesar 6% jika tidak memiliki SBU. Sementara itu, penyedia jasa yang memilikinya hanya akan dikenakan pajak sebesar 4%.

Pengurangan Nilai Pajak

Semua perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi termasuk pajak dan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2008, pajak tetap dikenakan kepada semua perusahaan baik yang memiliki sertifikat maupun yang tidak memiliki. Yang membedakan hanya tarifnya saja. Karena SBU merupakan salah satu syarat dalam pembuatan SIUJK, oleh karena itu keberadaan sertifikat memberikan manfaat yang berhubungan dengan pengurangan pajak. Biaya pembuatan SIUJK yang ditanggung tidak akan sebanding dengan besarnya yang harus dibayarkan setiap tahunnya jika tidak memiliki izin usaha. dalam jasa konstruksi dikelompokkan kedalam 3 kategori seperti:

Perencanaan Konstruksi 

Jasa perencanaan konstruksi akan dikenakan tarif pajak sebesar 6% jika tidak memiliki SBU. Sementara itu, penyedia jasa yang memilikinya hanya dikenakan pajak sebesar 4%.

Pelaksana Konstruksi

Diatur di dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/PRT/M/2011  tentang “Pembagian Subklasifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi”, besar tarif pajak yang dikenakan juga bergantung pada tingkatan kompetensinya, apakah termasuk usaha kecil, menengah, atau besar.

Penyedia jasa pelaksanaan konstruksi yang memiliki sertifikat akan dikenakan tarif 2% untuk yang tergolong dalam usaha kecil. Sementara itu, usaha jasa konstruksi menengah dan besar yang memiliki sertifikat akan dikenakan 3%. Hal ini sangat baik, mengingat perusahaan yang tidak mengurus sertifikatnya akan dikenakan tarif pajak yang lebih besar, yaitu 4%.

Pengawas Konstruksi

Untuk jasa pengawasan konstruksi, aturan pajak yang dikenakan juga sama seperti pada jasa perencanaan. Penyedia jasa pengawasan yang memiliki sertifikat akan dikenakan 4% dari penghasilan. sedangkan bagi yang tidak memiliki sertifikat akan dikenakan 6%.

Dua hal di atas menunjukkan kepemilikan SIUJK sangat membantu pemilik usaha untuk bertahan di antara para kompetitor dan bersaing dalam mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu agar perusahaan Anda diakui dan dapat mengikuti berbagai tender dalam proyek, sudah selayaknya Anda memiliki SIUJK dan untuk lebih praktis dan efisien tidak mengganggu kinerja Anda yang lain, ada baiknya Anda bekerja sama dengan jasa pembuatan SIUJK yang dapat dipercaya dan terbaik.Terlepas dari berapa biaya pembuatan SIUJK yang diperlukan, sudah selayaknya Anda mulai mengurusnya jika belum memiliki sertifikat izin usaha ini.

Berita Terkait
Baca Juga:
Beberapa Istilah Busana Muslim Wanita Di Indonesia

Beberapa Istilah Busana Muslim Wanita Di Indonesia

Fashion      

20 Mei 2020 | 93


Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk muslim yang paling besar. Sehingga menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata untuk penduduk muslim dari berbagai negara muslim ...

Voi.id Situs Berita, Membaca Sebuah Berita Layaknya Membaca Sebuah Cerita

Voi.id Situs Berita, Membaca Sebuah Berita Layaknya Membaca Sebuah Cerita

Tekno      

11 Jul 2020 | 37


Dulu untuk menerima sebuah info terutama berita kita perlu membeli sebuah media cetak seperti koran atau majalah. Tetapi seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi kita bisa dengan ...

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Politik      

24 Apr 2020 | 146


Satu lagi staf khusus Presiden mengundurkan diri, dia adalah Andi Taufan Garuda Putra, yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik dengn surat yang ditujukan langsung kepada camat ...

Waduh, ditinggal Parkir Sampai Senilai 893 Juta Rupiah, Ini Ketujuh Mobil Tersebut

Waduh, ditinggal Parkir Sampai Senilai 893 Juta Rupiah, Ini Ketujuh Mobil Tersebut

Nasional      

24 Apr 2020 | 223


lintasdetik.com - Ada-ada saja, tujuh mobil ini terparkir selama bertahun-tahun di Bandara Soekarno-Hatta. Tidak tanggung-tanggung, nilai biaya parkir untuk ketujuh mobil ini mencapai ...

Trend Busana Muslim 2019

Trend Busana Muslim 2019

Fashion      

5 Apr 2019 | 1160


Sudah menjadi hal yang umum bagi banyak muslim untuk mencari dan mengetahui trend model busana muslim yang akan digunakan di berbagai acara harian, baik itu untuk beragam acara keagaamaan ...

Bertambah 2, Total 8 Perawat RI Gugur di Garis Depan Pandemi Corona

Bertambah 2, Total 8 Perawat RI Gugur di Garis Depan Pandemi Corona

Nasional      

9 Apr 2020 | 55


lintasdetik.com - Sedih, bertambah lagi dua orang perawat yang meninggal karena pandemi Corona setelah keduanya berjuang di garda tedepan dalam upaya untuk menyembuhkan pasien yang ...