rajabacklink

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android sendiri

13 Nov 2019  |  95x | Ditulis oleh : FDT
Cara Mudah Membuat Aplikasi Android sendiri

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android sendiri  - Tahun 2003 silam sejak dikembangkan oleh Andy Rubin, sistem operasi android terus merajai peranti mobile di dunia. Ada sekitar 72,9 persen pengguna perangkat mobile menggunakan android sebagai sistem informasinya. Tidaklah heran jika perusahaan maupun perseorangan banyak menggunakannya dalam membuat aplikasi. Lalu bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri dengan mudah? Kali ini tipandroid akan mengulas cara membuat aplikasi android sendiri.

Menentukan dahulu aplikasi apa yang akan dibuat

Hal pertama sebelum membuat aplikasi android, Anda tentu saja perlu menentukan dahulu untuk tujuan apa aplikasi tersebut dibuat. Misalnya untuk perusahaan, situs jual-beli online dan lain sebagainya. Salah satu tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendekatkan brand dengan konsumen. Kemudian untuk situs jual-beli online adalah untuk memudahkan dalam hal transaksi dan semua yang berhubungan dengan jual beli dan konsumen.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat aplikasi adalah seperti kemudahan dalam penggunaan, tampilan yang menarik dan dapat digunakan dalam berbagai platform. Dan Anda juga harus menonjolkan pula apa kelebihan aplikasi Androidmu dengan aplikasi lain yang sejenis.

Menggunakan perangkat lunak yang tepat                               

Langkah selanjutnya adalah setelah Anda mempertimbangkan untuk apa aplikasi Android tersebut digunakan adalah dengan memilih perangkat lunak aplikasi tersebut. Dan cara membuat aplikasi android terkadang dibutuhkan coding atau pemilihan code yang rumit. Tetapi sekarang juga ada software khusus untuk membuat aplikasi android sendiri tanpa menggunakan coding yang rumit.

Dan software tersebut biasanya ada yang gratis maupun berbayar. Keunggulan bila Anda menggunakan software berbayar, keuntungannya akan lebih besar karena Anda bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Beberapa contoh software yang bisa Anda pilih antara lain adalah Appery, mobile Roadie, ShoutEm, The App Builder, dan AppMakr. Jangan lupa juga untuk memperhatikan fitur-fitur di dalam software tersebut untuk kebutuhan aplikasi android Anda.

Merancang Aplikasi

Cara paling mudah membuat aplikasi android biasanya menggunakan software terbaik. Kita ambil contoh dari ShoutEm. Untuk masuk ke dalam software tersebut Anda perlu login dengan memasukkan alamat email dan password. Setelah masuk, Anda bisa pilih aplikasi apa yang ingin Anda buat. Misalnya aplikasi bisnis, musik, radio dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa pilih tema aplikasi apa yang menarik dan sesuai. Dan Anda bisa juga menambahkan foto atau gambar yang sesuai tetapi dengan ukuran yang cukup besar.

Selanjutnya Anda dapat menambahkan fungsi ataupun aktivitas dalam aplikasi tersebut. Fungsi ini akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasi. Setelah itu sesuaikan tampilan dengan teks dan kontennya. Misal Anda akan menautkan blog dalam mengisi RSS dengan kiriman terbaru. Perhatikan pula tata letak untuk setiap fungsinya. Keunggulan dari ShoutEm ini bisa Anda jadikan perantara jika Anda ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah Anda buat ke iPhone. Bila sudah disetujui, maka aplikasi anda akan muncul di layanan AppStore bila sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan Apple. Sedangkan untuk GooglePlay sedikit lebih mudah.

Lakukan Uji Coba

Langkah terakhir cara membuat aplikasi android adalah melakukan uji coba. Setelah Anda selesai membuat rancangan aplikasi android, maka sebaiknya uji coba terlebih dahulu. Untuk itu Anda perlu mengunduh berkas APK tersebut ke perangkat dan lakukan setting. Tujuannya untuk mengetahui adanya bug atau tidak dalam aplikasi android Anda. Dalam melakukan uji coba ini tidak cukup dilakukan dalan sekali dua kali. Anda perlu melakukannya beberapa kali untuk benar-benar memastikan aplikasi android tersebut sudah layak untuk digunakan. Pastikan juga jika aplikasi android Anda memiliki tanda yang akurat. Mengapa demikian ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencari.

Selain cara membuat aplikasi android diatas faktor yang paling penting adalah perhatikan pula koneksi internet saat Anda membuat aplikasi tersebut. Demikianlah cara membuat aplikasi sendiri dengan mudah, jika Anda ingin lebih tahu banyak tentang informasi seputar tutorial android lainnya, Anda dapat membuka situs tipandroid.com yang dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Nasional      

4 Maret 2020 | 141


lintasdetik.com - Setelah dua orang WNI dinyatakan positif terjangkit virus Corona, beredar kabar bahwa keduanya baru mengetahui kondisi bahwa dirinya terjangkit virus tersebut saat ...

Duh, Liga Belanda Resmi Dihentikan, Bagaimana Nasib Liga Inggris dan Liverpool?

Duh, Liga Belanda Resmi Dihentikan, Bagaimana Nasib Liga Inggris dan Liverpool?

Sport      

25 Apr 2020 | 129


lintasdetik.com - Dampak dari kondisi wabah Corona yang belum mereda, akhirnya kompetisi Liga Belanda musim 2019/2020 ini, dibatalkan. hal ini diputuskan oleh Federasi Sepakbola Negeri ...

Imported Case, Istilah ini Sering Disebut dalam Kasus Virus Corona. Apa Artinya?

Imported Case, Istilah ini Sering Disebut dalam Kasus Virus Corona. Apa Artinya?

Nasional      

11 Maret 2020 | 107


lintasdetik.com - Hingga Selasa malam (11/3), tercatat kenaikan kasus positif virus Corona COVID-19 di Indonesia. Saat ini, tercatat 27 kasus terjadi, dan sebagian dari kasus yang ada ...

Model Waist Bag Wanita Branded Terlaris

Model Waist Bag Wanita Branded Terlaris

Fashion      

18 Mei 2020 | 52


Waist bag atau tas pinggang kini bukan hanya digunakan oleh pria. Wanita juga sudah banyak yang menggunakan waist bag. Namun wanita biasanya jarang menggunakan waist bag di pinggang mereka. ...

Merajalelanya Korupsi dan Moralitas Kekuasaan

Merajalelanya Korupsi dan Moralitas Kekuasaan

Politik      

12 Feb 2020 | 128


Lintasdetik.com - Hariman Siregar dalam kebingungannya dikalangan aktifis, menyampaikan pertanyaan, kenapa jaman Habibie pembobolan Bank Bali hanya Rp. ...

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Politik      

24 Apr 2020 | 146


Satu lagi staf khusus Presiden mengundurkan diri, dia adalah Andi Taufan Garuda Putra, yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik dengn surat yang ditujukan langsung kepada camat ...