hijab.id

Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata

9 Sep 2019  |  802x | Ditulis oleh : FDT
Tips Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata

Liburan atau berwisata adalah perjalanan yang sangat menyenangkan jika direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya dan terencana.  Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan agar perjalanan Anda menyenangkan dan berkesan. Ada beberapa panduan yang perlu Anda lakukan sebelum Anda berangkat untuk berwisata agar lebih maksimal dan sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata atau liburan, antara lain :

  • Menentukan kemana tujuan wisata yang tepat yang Anda inginkan. Bila Anda ingin bepergian dengan keluarga, baiknya tujuan tempat wisata yang akan dituju diputuskan bersama-sama agar memiliki persiapan yang lebih matang dan dapat dinikmati seluruh keluarga.
  • Untuk sekedar berjaga-jaga, sebaiknya Anda membawa beberapa obat-obatan ringan yang mungkin nanti akan Anda butuhkan ketika Anda sudah berada ditempat wisata agar Anda tidak kerepotan bila membutuhkan obat.
  • Hindari membawa barang yang berlebihan, terutama perhiasan ataupun uang tunai. Bawalah barang-barang yang hanya diperlukan untuk berwisata saja karena tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sebelum berangkat menuju tempat wisata, kumpulkan informasi dan referensi tempat wisata yang sudah diputuskan seperti peta, nomor telepon penting atau agen perjalanan wisata yang sesuai dengan budget keuangan yang Anda miliki. Dan Anda perlu mencari tahu tempat-tempat kuliner yang enak yang nanti akan Anda kunjungi bersama keluarga.
  • Mengamankan semua dokumen penting seperti, tiket perjalanan wisata, bukti reservasi, kartu kredit dan dokumen-dokumen penting lainnya yang akan Anda tinggalkan untuk berlibur seperti sertifikat rumah, ijazah ataupun dokumen yang menurut Anda penting untuk di simpan. Ini bertujuan untuk menghindari jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama ketika perjalanan ke tempat wisata dilakukan dan meninggalkan rumah tanpa penghuni, kecuali Anda memiliki asisten rumah tangga yang dapat menjaga rumah Anda.
  • Lebih baik menitipkan rumah pada kerabat atau tetangga Anda ketika Anda meninggalkan rumah.
  • Menjaga tubuh Anda tetap fit sebelum berangkat berwisata. Seperti tidur yang cukup, makan teratur dan menjalani pola hidup yang sehat, karena kesehatan penting sebelum Anda melakukan perjalanan wisata agar Anda dapat bersenang-senang ketika berwisata.
  • Pastikan kompor di dapur Anda dalam keadaan mati saat rumah akan ditinggalkan. Padamkan listrik yang tidak diperlukan dan menghidupkan lampu yang diperlukan saja.
  • Jika Anda berwisata dengan menggunakan travel paket wisata, perhatikan sekuruh paket wisata yang akan Anda beli dan jangan terlena dengan iming-iming harga wisata murah. Ada baiknya Anda memperhatikan kesesuain antara harga dan fasilitas yang akan Anda peroleh di tempat wisata.
  • Harus selalu bersemangat jika Anda sudah tiba ditempat wisata agar tidak jenuh dan tidak lesu ketika bepergian.

Demikian beberapa tips yang harus anda lakukan ketika Anda ingin melakukan perjalanan wisata. Semoga Tips ini berguna untuk Anda yang ingin berwisata.

Berita Terkait
Baca Juga:
Dadan Hamdani Mantan Jokowers

Peran Mantan Jokowers dalam Mendorong Dukungan Politik untuk Anies-Muhaimin

Politik      

12 Okt 2023 | 144


Mantan Relawan Jokowi atau yang sering disebut Jokowers yang Viral tahun 2019 dengan punggungnya, Dadan Hamdani, telah mengajak masyarakat untuk mendukung pasangan Anies-Muhaimin dalam ...

Kaplan Edupac Kursus Bahasa Inggris IELTS, TOEFL Untuk Persiapan Test Masuk Perguruan Tinggi

Kaplan Edupac Kursus Bahasa Inggris IELTS, TOEFL Untuk Persiapan Test Masuk Perguruan Tinggi

Tips      

22 Mei 2021 | 757


Proses aplikasi untuk masuk universitas berbeda dari satu negara ke negara lain dan tidak ada formula yang sempurna untuk mendapatkan izin masuk ke universitas yang Anda inginkan. Akan ...

edi kuntadhi

Polri Tidak Pernah Menindaklanjuti Aduan Masyarakat ke Permadi Arya, Edi Kuntadhi, Denny Siregar dan Ade Armando

Politik      

1 Jun 2021 | 843


Dari hasil pengamatan dari banyak aduan masyarakat terhadap ke tiga orang: Permadi Arya, Edi Kuntadhi, dan Ade Armando, Polri selalu membebaskan tanpa ada tindak lanjut, walaupun mereka ...

Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Mancanegara      

25 Apr 2020 | 709


lintasdetik.com - Cyril Ramaphosa, Presiden Afrika Selatan (Afsel) sempat ditertawakan di jagad dunia maya setelah dirinya terlihat kesulitan ketika memakaikan masker sembari berpidato ...

Ini Tips Ngemil yang Benar dari Dokter untuk Cegah Berat Badan Naik

Ini Tips Ngemil yang Benar dari Dokter untuk Cegah Berat Badan Naik

Tips      

6 Jun 2022 | 402


"Dok, berapakah porsi camilan sehat untuk diet yang jitu?" "Tips menu camilan yang sehat tersebut seperti apa sih, dok?". Perhatikan jawaban dari dokter ...

Wah, Ternyata Organisme ini Hidup tanpa Menggunakan Oksigen, Kok Bisa?

Wah, Ternyata Organisme ini Hidup tanpa Menggunakan Oksigen, Kok Bisa?

Ulasan      

28 Feb 2020 | 978


lintasdetik.com - Sejak kecil, kita diajarkan bahwa semua makhluk hidup di dunia sejatinya memerlukan oksigen. Namun, ternyata hal itu saat ini dipatahkan dengan penemuan hewan yang ...