rajatv

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

3 Jun 2020  |  54x | Ditulis oleh : FDT
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

Mungkin ada sebagian orang yang sudah merasa bosan karena sedang menjalani karantina mandiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, salah satunya adalah membuat gantungan kunci dari kain flanel. Sebelum memulainya harus mencari tahu dulu cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Membuatnya pun tidak sulit sama sekali, hanya membutuhkan alat-alat sederhana yakni kain flanel, pensil, gunting, benang atau lem tembak, gantungan kunci polos, dacron, dan manik-manik sebagai tambahannya. Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Gambar Pola Pada Kain Flanel

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menggambar pola diatas kain flanel menggunakan pensil. Gambarlah pola sesuai keinginan masing-masing. Misalnya pola berbentuk hati, boneka beruang, kelinci, dan masih banyak lagi. Menggambar pola ini bertujuan agar kain flanel dapat digunting dengan mudah sesuai dengan pola yang sudah dibentuk.

Gambar dua pola yang sama di atas kain flanel tersebut. Jika menggunakan pensil dirasa kurang tebal, dapat menggunakan pulpen atau spidol. Tetapi harus lebih berhati-hati, karena khawatir tinta dari pulpen atau spidol mengotori kain flanel tersebut. Gambarlah dengan hati-hati dan teliti, agar bentuk yang dihasilkan semakin bagus.

2. Gunting Pola

Selanjutnya gunting pola yang sudah digambar diatas kain flanel tersebut. Gunting pola sesuai dengan yang telah dibentuk. Setelah menggunting pola pertama, selanjutnya guntinglah pola selanjutnya.Menggunting pola ini harus sama bentuk yang satu dengan yang lainnya, agar saat dijahit bisa saling menutupi dan terlihat rapi. Berhati-hati saat mengguntingnya agar tidak melukai tangan.

3. Gabungkan Kedua Pola Tersebut

Cara membuat gantungan kunci selanjutnya adalah, menggunting kedua pola yang diinginkan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi satu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara dijahit atau dengan menggunakan lem tembak.Jahit atau merekatkan pinggiran dari pola tersebut, lalu sisakan sedikit lubang di sisi atas untuk memasukkan dakron ke dalamnya.

Jika dijahit, alangkah baiknya untuk menjahitnya dari sisi bawah lalu ke sisi samping. Hal ini bertujuan agar hasil jahitannya rapi dan kuat, sehingga enak untuk dilihat.

4. Isi dengan Dacron

Langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan dakron. Masukkan dakron ke dalam flanel tersebut sampai dirasa cukup. Tidak perlu banyak-banyak memasukkan dacronnya, jika sudah terlihat mengembang itu biasanya sudah cukup.Setelah memasukkan dakron, tutup lubang tersebut dengan jahitan atau lem tembak. Jahit atau rekatkan dengan rapi agar tidak ada dacron yang keluar.

5. Tambahkan Hiasan

Hiaslah flanel tersebut agar terlihat lebih cantik. Bisa menggunakan manik-manik, kancing, atau dengan membuat pita kecil. Hiasan ini biasanya lebih mudah dipasang dengan lem dibandingkan dengan cara dijahit.Tetapi harus hati-hati saat ingin merekatkannya, karena jika lem yang digunakan terlalu banyak akan mengotori bagian dari flanel tersebut. Dan itu sangat mengganggu hasil akhir gantungan kuncinya nanti.

6. Pasang Gantungan Kunci

Setelah kelima langkah diatas telah diselesaikan, langkah terakhir adalah memasang gantungan kuncinya. Gantungan kunci ini bisa dipasang dengan cara menjahit atau merekatkannya menggunakan lem tembak.Pastikan gantungan kuncinya terpasang dengan baik, agar boneka atau flanel yang telah dibuat tidak jatuh saat digantung nanti. Gantungan kunci sudah siap untuk dipasang di tas atau dompet kesayangan.

Itulah tadi cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang sangat simpel. Sangat mudah untuk dibuat bukan? Tentunya selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Diharapkan banyak orang yang terinspirasi dengan kegiatan ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan saat sedang berada di rumah.

Baca Juga:
Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Momen Insiden Masker, Presiden Afrika Selatan Menanggapi dengan Santai Dirinya yang Ditertawakan

Mancanegara      

25 Apr 2020 | 211


lintasdetik.com - Cyril Ramaphosa, Presiden Afrika Selatan (Afsel) sempat ditertawakan di jagad dunia maya setelah dirinya terlihat kesulitan ketika memakaikan masker sembari berpidato ...

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ulasan      

21 Feb 2020 | 140


LintasDetik.com - Anak merupakan anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita pasalnya anak akan menjadi generasi penerus dimasa depan, sekaligus yang mewarisi sifat-sifat yang ...

Indodax Platform Beli Jual USDT (Tether)  Atau Marketplace Aset Kripto Terbesar Di Indonesia

Indodax Platform Beli Jual USDT (Tether) Atau Marketplace Aset Kripto Terbesar Di Indonesia

Tekno      

24 Jun 2020 | 136


Bermacam pertanyaan muncul ketika baru memasuki dunia cryptocurrency. Dan salah satunya adalah koin konversi yang dianggap banyak orang nilainya sama dengan mata uang dolar. Apa itu USDT ...

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

Ulasan      

6 Maret 2020 | 51


lintasdetik.com - Anda sering mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan pinjaman uang tunai? Biasanya, dalam pesan yang dikirim tersebut, dijanjikan bahwa proses ...

Teddy Gusnaidi: Hai MUI, Anda Jangan Bilang Mewakili Umat! Karena Saya Tidak Merasa Diwakili Anda!

Teddy Gusnaidi: Hai MUI, Anda Jangan Bilang Mewakili Umat! Karena Saya Tidak Merasa Diwakili Anda!

Nasional      

17 Jun 2020 | 43


Teddy Gusnaidi, seorang buzzer dari pemerintah yang menjadi dewan pakar PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia), menyatakan: Seluruh anggota dan pendukung dari partai Demokrat ...

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Andi Taufan Mundur, Pengamat: KPK Harus Telusuri

Politik      

24 Apr 2020 | 153


Satu lagi staf khusus Presiden mengundurkan diri, dia adalah Andi Taufan Garuda Putra, yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik dengn surat yang ditujukan langsung kepada camat ...