rajaview

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

3 Jun 2020  |  79x | Ditulis oleh : FDT
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

Mungkin ada sebagian orang yang sudah merasa bosan karena sedang menjalani karantina mandiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, salah satunya adalah membuat gantungan kunci dari kain flanel. Sebelum memulainya harus mencari tahu dulu cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Membuatnya pun tidak sulit sama sekali, hanya membutuhkan alat-alat sederhana yakni kain flanel, pensil, gunting, benang atau lem tembak, gantungan kunci polos, dacron, dan manik-manik sebagai tambahannya. Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Gambar Pola Pada Kain Flanel

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menggambar pola diatas kain flanel menggunakan pensil. Gambarlah pola sesuai keinginan masing-masing. Misalnya pola berbentuk hati, boneka beruang, kelinci, dan masih banyak lagi. Menggambar pola ini bertujuan agar kain flanel dapat digunting dengan mudah sesuai dengan pola yang sudah dibentuk.

Gambar dua pola yang sama di atas kain flanel tersebut. Jika menggunakan pensil dirasa kurang tebal, dapat menggunakan pulpen atau spidol. Tetapi harus lebih berhati-hati, karena khawatir tinta dari pulpen atau spidol mengotori kain flanel tersebut. Gambarlah dengan hati-hati dan teliti, agar bentuk yang dihasilkan semakin bagus.

2. Gunting Pola

Selanjutnya gunting pola yang sudah digambar diatas kain flanel tersebut. Gunting pola sesuai dengan yang telah dibentuk. Setelah menggunting pola pertama, selanjutnya guntinglah pola selanjutnya.Menggunting pola ini harus sama bentuk yang satu dengan yang lainnya, agar saat dijahit bisa saling menutupi dan terlihat rapi. Berhati-hati saat mengguntingnya agar tidak melukai tangan.

3. Gabungkan Kedua Pola Tersebut

Cara membuat gantungan kunci selanjutnya adalah, menggunting kedua pola yang diinginkan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi satu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara dijahit atau dengan menggunakan lem tembak.Jahit atau merekatkan pinggiran dari pola tersebut, lalu sisakan sedikit lubang di sisi atas untuk memasukkan dakron ke dalamnya.

Jika dijahit, alangkah baiknya untuk menjahitnya dari sisi bawah lalu ke sisi samping. Hal ini bertujuan agar hasil jahitannya rapi dan kuat, sehingga enak untuk dilihat.

4. Isi dengan Dacron

Langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan dakron. Masukkan dakron ke dalam flanel tersebut sampai dirasa cukup. Tidak perlu banyak-banyak memasukkan dacronnya, jika sudah terlihat mengembang itu biasanya sudah cukup.Setelah memasukkan dakron, tutup lubang tersebut dengan jahitan atau lem tembak. Jahit atau rekatkan dengan rapi agar tidak ada dacron yang keluar.

5. Tambahkan Hiasan

Hiaslah flanel tersebut agar terlihat lebih cantik. Bisa menggunakan manik-manik, kancing, atau dengan membuat pita kecil. Hiasan ini biasanya lebih mudah dipasang dengan lem dibandingkan dengan cara dijahit.Tetapi harus hati-hati saat ingin merekatkannya, karena jika lem yang digunakan terlalu banyak akan mengotori bagian dari flanel tersebut. Dan itu sangat mengganggu hasil akhir gantungan kuncinya nanti.

6. Pasang Gantungan Kunci

Setelah kelima langkah diatas telah diselesaikan, langkah terakhir adalah memasang gantungan kuncinya. Gantungan kunci ini bisa dipasang dengan cara menjahit atau merekatkannya menggunakan lem tembak.Pastikan gantungan kuncinya terpasang dengan baik, agar boneka atau flanel yang telah dibuat tidak jatuh saat digantung nanti. Gantungan kunci sudah siap untuk dipasang di tas atau dompet kesayangan.

Itulah tadi cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang sangat simpel. Sangat mudah untuk dibuat bukan? Tentunya selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Diharapkan banyak orang yang terinspirasi dengan kegiatan ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan saat sedang berada di rumah.

Baca Juga:
Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Fashion      

11 Jun 2019 | 816


Berbicara mengenai trend, ada berbagai jenis pakaian yang dirancang dengan penampilan yang berbeda dengan yang lainnya dan terlihat istimewa. Salah satu pakaian tersebut adalah baju gamis ...

Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK

Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK

Ulasan      

29 Okt 2019 | 139


Keuntungan Dan Kemudahan Menggunakan Jasa Konsultanku.com Dalam Pengurusan SIUJK - Adanya usaha jasa konstruksi sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu daerah. Dengan adanya ...

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ulasan      

21 Feb 2020 | 159


LintasDetik.com - Anak merupakan anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita pasalnya anak akan menjadi generasi penerus dimasa depan, sekaligus yang mewarisi sifat-sifat yang ...

Manomarion Transport jasa Sewa Mobil Elf Jakarta

Manomarion Transport jasa Sewa Mobil Elf Jakarta

Wisata      

20 Sep 2019 | 376


Manomarion Transport jasa Sewa Mobil Elf Jakarta - Jakarta merupakan kota terpadat dan juga kota tersibuk di Indonesia. Dan jasa transportasi tentunya sangat banyak dibutuhkan oleh ...

Inilah Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek Untuk Membangun Rumah Impian Anda

Inilah Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek Untuk Membangun Rumah Impian Anda

Tips      

28 Nov 2020 | 87


Rumah atau tempat tinggal menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk siapa saja. Tanpa kecuali, untuk mereka yang belum berkeluarga pun tempat tinggal adalah hal yang sangat penting. Kehadiran ...

Akhirnya, Presiden Jokowi Melarang Mudik, Awas Sanksi Bila Melanggar

Akhirnya, Presiden Jokowi Melarang Mudik, Awas Sanksi Bila Melanggar

Nasional      

21 Apr 2020 | 167


lintasdetik.com - Akhirnya, mudik lebaran di tahun 1441 H ini, resmi dilarang. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menekan angka penyebaran virus covid-19 ke ...