rajabacklink

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

3 Jun 2020  |  164x | Ditulis oleh : FDT
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

Mungkin ada sebagian orang yang sudah merasa bosan karena sedang menjalani karantina mandiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, salah satunya adalah membuat gantungan kunci dari kain flanel. Sebelum memulainya harus mencari tahu dulu cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Membuatnya pun tidak sulit sama sekali, hanya membutuhkan alat-alat sederhana yakni kain flanel, pensil, gunting, benang atau lem tembak, gantungan kunci polos, dacron, dan manik-manik sebagai tambahannya. Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Gambar Pola Pada Kain Flanel

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menggambar pola diatas kain flanel menggunakan pensil. Gambarlah pola sesuai keinginan masing-masing. Misalnya pola berbentuk hati, boneka beruang, kelinci, dan masih banyak lagi. Menggambar pola ini bertujuan agar kain flanel dapat digunting dengan mudah sesuai dengan pola yang sudah dibentuk.

Gambar dua pola yang sama di atas kain flanel tersebut. Jika menggunakan pensil dirasa kurang tebal, dapat menggunakan pulpen atau spidol. Tetapi harus lebih berhati-hati, karena khawatir tinta dari pulpen atau spidol mengotori kain flanel tersebut. Gambarlah dengan hati-hati dan teliti, agar bentuk yang dihasilkan semakin bagus.

2. Gunting Pola

Selanjutnya gunting pola yang sudah digambar diatas kain flanel tersebut. Gunting pola sesuai dengan yang telah dibentuk. Setelah menggunting pola pertama, selanjutnya guntinglah pola selanjutnya.Menggunting pola ini harus sama bentuk yang satu dengan yang lainnya, agar saat dijahit bisa saling menutupi dan terlihat rapi. Berhati-hati saat mengguntingnya agar tidak melukai tangan.

3. Gabungkan Kedua Pola Tersebut

Cara membuat gantungan kunci selanjutnya adalah, menggunting kedua pola yang diinginkan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menggabungkannya menjadi satu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara dijahit atau dengan menggunakan lem tembak.Jahit atau merekatkan pinggiran dari pola tersebut, lalu sisakan sedikit lubang di sisi atas untuk memasukkan dakron ke dalamnya.

Jika dijahit, alangkah baiknya untuk menjahitnya dari sisi bawah lalu ke sisi samping. Hal ini bertujuan agar hasil jahitannya rapi dan kuat, sehingga enak untuk dilihat.

4. Isi dengan Dacron

Langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan dakron. Masukkan dakron ke dalam flanel tersebut sampai dirasa cukup. Tidak perlu banyak-banyak memasukkan dacronnya, jika sudah terlihat mengembang itu biasanya sudah cukup.Setelah memasukkan dakron, tutup lubang tersebut dengan jahitan atau lem tembak. Jahit atau rekatkan dengan rapi agar tidak ada dacron yang keluar.

5. Tambahkan Hiasan

Hiaslah flanel tersebut agar terlihat lebih cantik. Bisa menggunakan manik-manik, kancing, atau dengan membuat pita kecil. Hiasan ini biasanya lebih mudah dipasang dengan lem dibandingkan dengan cara dijahit.Tetapi harus hati-hati saat ingin merekatkannya, karena jika lem yang digunakan terlalu banyak akan mengotori bagian dari flanel tersebut. Dan itu sangat mengganggu hasil akhir gantungan kuncinya nanti.

6. Pasang Gantungan Kunci

Setelah kelima langkah diatas telah diselesaikan, langkah terakhir adalah memasang gantungan kuncinya. Gantungan kunci ini bisa dipasang dengan cara menjahit atau merekatkannya menggunakan lem tembak.Pastikan gantungan kuncinya terpasang dengan baik, agar boneka atau flanel yang telah dibuat tidak jatuh saat digantung nanti. Gantungan kunci sudah siap untuk dipasang di tas atau dompet kesayangan.

Itulah tadi cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang sangat simpel. Sangat mudah untuk dibuat bukan? Tentunya selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sangat terjangkau. Diharapkan banyak orang yang terinspirasi dengan kegiatan ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan saat sedang berada di rumah.

Baca Juga:
Desmond J Mahesa Mulai Sotoy Membahas Tentang Laskar FPI, Mau Ikut Cari Panggung?

Desmond J Mahesa Mulai Sotoy Membahas Tentang Laskar FPI, Mau Ikut Cari Panggung?

Nasional      

12 Des 2020 | 158


Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Desmond J Mahesa turut mempertanyakan pembentukan laskar oleh Front Pembela Islam (FPI) dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) ...

Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Fashion      

18 Mei 2020 | 201


Jaket jeans adalah salah satu jenis jaket yang diperuntukan untuk anak muda. Anak muda biasanya akan menggunakan jaket jeans untuk tampilan yang kasual. Sebagai outfit kuliah atau juga ...

Strategi Untuk Memperoleh Cincin Nikah Dengan Harga Murah

Strategi Untuk Memperoleh Cincin Nikah Dengan Harga Murah

Ulasan      

23 Sep 2019 | 456


Strategi Untuk Memperoleh Cincin Nikah Dengan Harga Murah - Keberadaan cincin seperti sebuah keharusan dalam pernikahan. Karena cincin pernikahan merupakan simbol utama sebuah ikatan cinta, ...

Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Pasien Tahu Positif Corona dari Media, Ini Penjelasan RSPI SS

Nasional      

4 Maret 2020 | 207


lintasdetik.com - Setelah dua orang WNI dinyatakan positif terjangkit virus Corona, beredar kabar bahwa keduanya baru mengetahui kondisi bahwa dirinya terjangkit virus tersebut saat ...

Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda

Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda

Ulasan      

10 Des 2019 | 227


Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda - Saat ini semakin banyaknya para pengusaha kuliner yang mengincar membuka usaha minuman kemasan. Seiring ...

Trend Busana Muslim 2019

Trend Busana Muslim 2019

Fashion      

5 Apr 2019 | 1310


Sudah menjadi hal yang umum bagi banyak muslim untuk mencari dan mengetahui trend model busana muslim yang akan digunakan di berbagai acara harian, baik itu untuk beragam acara keagaamaan ...