rajatv

Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

7 Feb 2019  |  371x | Ditulis oleh : FDT
Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan adalah luka berwarna putih yang muncul akibat adanya infeksi jamur. Biasanya yang terkena infeksi jenis ini kondisi tubuhnya atau kekebalan tubuhnya sedang menurun. Lidah tergigit sedikit saja dapat menimbulkan luka yang berakibat sariawan. Selain keadaan tubuh yang sedang tidak fit, sariawan juga bisa disebabkan karena siklus menstruasi, kebersihan mulut yang kurang terjaga, stres ataupun adanya ketidak seimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan dapat juga disebabkan oleh penyakit mulut, kaki ataupun tangan.

Biasanya penyakit sariawan dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu. Akan tetapi banyak orang yang tidak dapat menahan perih yang disebabkan sariawan bila mereka sedang makan, minum ataupun ketika sedang berbicara. Dan pada akhirnya mereka menggunakan obat yang dijual bebas.

Untuk menghindari pemakaian obat yang dijual bebas dan tidak diketahui keamanannya, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi sariawan :

  • Kompres menggunakan es batu. Es batu dapat mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin pada es batu dapat memperlambat aliran darah menuju sariawan dan dapat mengurangi rasa nyeri dan terjadinya pembengkakan.
  • Menggunakan bawang putih.  Bawang putih mampu mengobati sakit sariawan, karena bawang putih mentah mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yaitu senyawa alisin. Dan senyawa inipun dapat mencegah berkembangnya aktivitas bakteri di dalam tubuh.
  • Kayu manis. Kayu manis sangat efektif dan mampu mengobati sariawan dengan cara berkumur menggunakan kayu manis. Karena kayu manis memiliki sifat anti jamur dan anti parasit. Adapun caranya adalah dengan merendam dan rebus kayu manis sepotong kecil pada 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Kayu manis pun mengandung vitamin C tinggi yang dapat membahayakan janin bila ibu hamil mengkonsumsinya terlalu berlebihan.
  • Berkumur dengan garam. Seperti kita ketahui garam ampuh mengobati luka sariawan dengan cara menarik cairan yang terdapat pada sariawan. Hal ini membuat proses pengeringan luka sariawan dapat cepat sembuh. Caranya, campurkan setengah sendok garam ke dalam gelas hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama satu dampai dua menit atau dengan cara oleskan garam pada luka sariawan kemudian bilas.
  • Minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni kebagian mulut yang terkena sariawan dapat menyembuhkan luka sariawan, karena minyak kelapa murni mengandung  asam laurat yang dapat merusak bakteri patogen penyebab sariawan dan asam laurat pun dapat membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Kantong Teh.  Kantong teh celup yang sudah digunakan dan masih basah berguna untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Hal ini disebabkan karena kantong teh celup mengandung tannin.

Selain cara-cara alami diatas atau pengobatan dari luar, pengobatan sariawan dari dalam pun perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C yang mampu mencegah peradangan dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti jeruk,  bayam, brokoli dan apel. Untuk sayuran seperti ubi jalar, wortel, labu, kacang merah yang dapat membersihkan bakteri buruk dalam tubuh melalui ginjal dan hati.

Pada dasarnya, sariawan dapat dijadikan pertanda yang dikirim tubuh kita untuk terus menjalani hidup yang sehat. Menjaga pola makan dan asupan makan dan menjaga kesehatan mulut. Dengan menyikat gigi secara teratur dapat mencegah timbulnya sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:
Cara Memilih Busana Muslimah Gamis Wanita yang Benar

Cara Memilih Busana Muslimah Gamis Wanita yang Benar

Fashion      

18 Jul 2019 | 414


Ternyata sekarang іnі Busana Muslimah tеӏаһ merambah kе dunia fesyen ԁаӏаm negeri ԁаn ӏυаг negeri. Mеmіӏіkі Ьаnуаk variasi model ԁеngаn perpaduan busana ...

Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Wanita      

14 Okt 2019 | 798


Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah - Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik mulus dan putih bersih sehingga indah dipandang mata. ...

Wawan Setiawan

Jokowi akan Gunakan KPK untuk Menekan PDIP Mengeluarkan Surat Rekom Gibran

Politik      

12 Jan 2020 | 1003


Presiden RI saat ini Joko Widodo sedang mengusahakan surat rekomendasi dari PDIP demi maju anak sulungnya Gibran Rakabuming. Hal ini terlhat dari bergeraknya KPK ke markas PDI Perjuangan. ...

Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah

Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah

Herbal      

11 Sep 2019 | 254


Obat Tradisional yang Berkhasiat Yang Banyak Ditemui Disekitar Rumah - Sekarang ini menggunakan obat-obatan herbal sudah tidak dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Meskipun banyak obat ...

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

Wisata      

5 Okt 2018 | 812


Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam Islam yang memiliki nilai pahala yang tinggi. Ibadah umroh sangat dianjurkan untuk orang yang mampu secara fisik, ilmu dan juga finansial. ...

Mengapa Tinggal di Kota Tidak Lebih Baik daripada Tinggal di Desa?

Mengapa Tinggal di Kota Tidak Lebih Baik daripada Tinggal di Desa?

Ulasan      

24 Feb 2020 | 121


Lintasdetik.com - Fenomena urbanisasi pernah menjadi permasalahan di Indonesia, dimana orang berbondong-bondong pergi ke kota hanya sekedar untuk mencari sebuah pekerjaan dan itu ...