rajatv

Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

7 Feb 2019  |  265x | Ditulis oleh : FDT
Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan adalah luka berwarna putih yang muncul akibat adanya infeksi jamur. Biasanya yang terkena infeksi jenis ini kondisi tubuhnya atau kekebalan tubuhnya sedang menurun. Lidah tergigit sedikit saja dapat menimbulkan luka yang berakibat sariawan. Selain keadaan tubuh yang sedang tidak fit, sariawan juga bisa disebabkan karena siklus menstruasi, kebersihan mulut yang kurang terjaga, stres ataupun adanya ketidak seimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan dapat juga disebabkan oleh penyakit mulut, kaki ataupun tangan.

Biasanya penyakit sariawan dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu. Akan tetapi banyak orang yang tidak dapat menahan perih yang disebabkan sariawan bila mereka sedang makan, minum ataupun ketika sedang berbicara. Dan pada akhirnya mereka menggunakan obat yang dijual bebas.

Untuk menghindari pemakaian obat yang dijual bebas dan tidak diketahui keamanannya, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi sariawan :

  • Kompres menggunakan es batu. Es batu dapat mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin pada es batu dapat memperlambat aliran darah menuju sariawan dan dapat mengurangi rasa nyeri dan terjadinya pembengkakan.
  • Menggunakan bawang putih.  Bawang putih mampu mengobati sakit sariawan, karena bawang putih mentah mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yaitu senyawa alisin. Dan senyawa inipun dapat mencegah berkembangnya aktivitas bakteri di dalam tubuh.
  • Kayu manis. Kayu manis sangat efektif dan mampu mengobati sariawan dengan cara berkumur menggunakan kayu manis. Karena kayu manis memiliki sifat anti jamur dan anti parasit. Adapun caranya adalah dengan merendam dan rebus kayu manis sepotong kecil pada 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Kayu manis pun mengandung vitamin C tinggi yang dapat membahayakan janin bila ibu hamil mengkonsumsinya terlalu berlebihan.
  • Berkumur dengan garam. Seperti kita ketahui garam ampuh mengobati luka sariawan dengan cara menarik cairan yang terdapat pada sariawan. Hal ini membuat proses pengeringan luka sariawan dapat cepat sembuh. Caranya, campurkan setengah sendok garam ke dalam gelas hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama satu dampai dua menit atau dengan cara oleskan garam pada luka sariawan kemudian bilas.
  • Minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni kebagian mulut yang terkena sariawan dapat menyembuhkan luka sariawan, karena minyak kelapa murni mengandung  asam laurat yang dapat merusak bakteri patogen penyebab sariawan dan asam laurat pun dapat membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Kantong Teh.  Kantong teh celup yang sudah digunakan dan masih basah berguna untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Hal ini disebabkan karena kantong teh celup mengandung tannin.

Selain cara-cara alami diatas atau pengobatan dari luar, pengobatan sariawan dari dalam pun perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C yang mampu mencegah peradangan dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti jeruk,  bayam, brokoli dan apel. Untuk sayuran seperti ubi jalar, wortel, labu, kacang merah yang dapat membersihkan bakteri buruk dalam tubuh melalui ginjal dan hati.

Pada dasarnya, sariawan dapat dijadikan pertanda yang dikirim tubuh kita untuk terus menjalani hidup yang sehat. Menjaga pola makan dan asupan makan dan menjaga kesehatan mulut. Dengan menyikat gigi secara teratur dapat mencegah timbulnya sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:
Kita Semua Unik Dengan Potensi Yang  Kita Miliki Masing-Masing, Jangan Berlebihan Mengidolakan Seseorang

Kita Semua Unik Dengan Potensi Yang Kita Miliki Masing-Masing, Jangan Berlebihan Mengidolakan Seseorang

Tips      

21 Jan 2020 | 147


Kita Semua Unik Dengan Potensi Yang  Kita Miliki Masing-Masing, Jangan Berlebihan Mengidolakan Seseorang - Apa ada yang salah dengan mengidolakan orang lain? Kecuali para ...

Duh, Liga Belanda Resmi Dihentikan, Bagaimana Nasib Liga Inggris dan Liverpool?

Duh, Liga Belanda Resmi Dihentikan, Bagaimana Nasib Liga Inggris dan Liverpool?

Sport      

25 Apr 2020 | 135


lintasdetik.com - Dampak dari kondisi wabah Corona yang belum mereda, akhirnya kompetisi Liga Belanda musim 2019/2020 ini, dibatalkan. hal ini diputuskan oleh Federasi Sepakbola Negeri ...

Beras Organik Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Dan Jantung

Beras Organik Baik Untuk Kesehatan Pencernaan Dan Jantung

Ulasan      

7 Agu 2019 | 252


Mengapa harus beras organik? Salah satu penyebab terbesar merosotnya daya tahan tubuh manusia adalah timbulnya berbagai penyakit dan penuaan dini yang diakibatkan pencemaran akan bahan ...

Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Wisata      

14 Maret 2019 | 695


Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel  - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari laut, hutan, gunung dan danau. ...

7 Cara Ampuh Mengatasi Kejenuhan Di Kantor

7 Cara Ampuh Mengatasi Kejenuhan Di Kantor

Tips      

2 Jul 2020 | 62


Suatu kegiatan yang monoton dan terus menerus seperti itu saja setiap harinya akan cepat membuat kita merasa jenuh dan bosan, biasanya hal ini dialami oleh banyak pegawai atau orang yang ...

Tips Memelihara Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Bening

Tips Memelihara Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Bening

Tips      

26 Jun 2019 | 217


Mata Anda merupakan satu panca indera yang paling penting untuk menikmati keindahan yang ada di dunia. Terdapat juga istilah mata adalah jendela hati seseorang. Betapa tidak, mata yang ...