MU

Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

7 Feb 2019  |  302x | Ditulis oleh : FDT
Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan adalah luka berwarna putih yang muncul akibat adanya infeksi jamur. Biasanya yang terkena infeksi jenis ini kondisi tubuhnya atau kekebalan tubuhnya sedang menurun. Lidah tergigit sedikit saja dapat menimbulkan luka yang berakibat sariawan. Selain keadaan tubuh yang sedang tidak fit, sariawan juga bisa disebabkan karena siklus menstruasi, kebersihan mulut yang kurang terjaga, stres ataupun adanya ketidak seimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan dapat juga disebabkan oleh penyakit mulut, kaki ataupun tangan.

Biasanya penyakit sariawan dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu. Akan tetapi banyak orang yang tidak dapat menahan perih yang disebabkan sariawan bila mereka sedang makan, minum ataupun ketika sedang berbicara. Dan pada akhirnya mereka menggunakan obat yang dijual bebas.

Untuk menghindari pemakaian obat yang dijual bebas dan tidak diketahui keamanannya, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi sariawan :

  • Kompres menggunakan es batu. Es batu dapat mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin pada es batu dapat memperlambat aliran darah menuju sariawan dan dapat mengurangi rasa nyeri dan terjadinya pembengkakan.
  • Menggunakan bawang putih.  Bawang putih mampu mengobati sakit sariawan, karena bawang putih mentah mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yaitu senyawa alisin. Dan senyawa inipun dapat mencegah berkembangnya aktivitas bakteri di dalam tubuh.
  • Kayu manis. Kayu manis sangat efektif dan mampu mengobati sariawan dengan cara berkumur menggunakan kayu manis. Karena kayu manis memiliki sifat anti jamur dan anti parasit. Adapun caranya adalah dengan merendam dan rebus kayu manis sepotong kecil pada 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Kayu manis pun mengandung vitamin C tinggi yang dapat membahayakan janin bila ibu hamil mengkonsumsinya terlalu berlebihan.
  • Berkumur dengan garam. Seperti kita ketahui garam ampuh mengobati luka sariawan dengan cara menarik cairan yang terdapat pada sariawan. Hal ini membuat proses pengeringan luka sariawan dapat cepat sembuh. Caranya, campurkan setengah sendok garam ke dalam gelas hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama satu dampai dua menit atau dengan cara oleskan garam pada luka sariawan kemudian bilas.
  • Minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni kebagian mulut yang terkena sariawan dapat menyembuhkan luka sariawan, karena minyak kelapa murni mengandung  asam laurat yang dapat merusak bakteri patogen penyebab sariawan dan asam laurat pun dapat membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Kantong Teh.  Kantong teh celup yang sudah digunakan dan masih basah berguna untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Hal ini disebabkan karena kantong teh celup mengandung tannin.

Selain cara-cara alami diatas atau pengobatan dari luar, pengobatan sariawan dari dalam pun perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C yang mampu mencegah peradangan dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti jeruk,  bayam, brokoli dan apel. Untuk sayuran seperti ubi jalar, wortel, labu, kacang merah yang dapat membersihkan bakteri buruk dalam tubuh melalui ginjal dan hati.

Pada dasarnya, sariawan dapat dijadikan pertanda yang dikirim tubuh kita untuk terus menjalani hidup yang sehat. Menjaga pola makan dan asupan makan dan menjaga kesehatan mulut. Dengan menyikat gigi secara teratur dapat mencegah timbulnya sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:
PDI Perjuangan Ingin Rizieq Shihab di Hukum Mati dan Bebaskan Juliari Batubara

PDI Perjuangan Ingin Rizieq Shihab di Hukum Mati dan Bebaskan Juliari Batubara

Nasional      

12 Des 2020 | 70


Mungkin judul diatas keinginan sebagian besar dari PDI Perjuangan, yang ingin menghilangkan Rizieq Shihab, karena sering protes ke pemerintah, sering mengganggu kegiatan membekingi kegiatan ...

Keahlian Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Karir Di Era Industri 4.0

Keahlian Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Karir Di Era Industri 4.0

Ulasan      

15 Apr 2019 | 575


Saat ini dunia sedang memasuki pada era revolusi industri 4.0. Apakah yang dimaksud dengan pengertian era industri 4.0? yaitu tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi ...

Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Inilah Gamis Modern Yang banyak Disukai Wanita Muslimah

Fashion      

11 Jun 2019 | 859


Berbicara mengenai trend, ada berbagai jenis pakaian yang dirancang dengan penampilan yang berbeda dengan yang lainnya dan terlihat istimewa. Salah satu pakaian tersebut adalah baju gamis ...

Aksesoris Wajib Untuk Vlogging via Smartphone

Aksesoris Wajib Untuk Vlogging via Smartphone

Tekno      

22 Jun 2020 | 132


Traveling dan liburan adalah hal yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Di momon inilah anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan bersama keluarga ataupun sahabat ...

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Ulasan      

3 Mei 2019 | 495


Karpet merupakan salah satu alas yang seringkali digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan jenisnya. Karpet yang biasa digunakan oleh para umat muslim ketika beribadah shalat ...

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Nasional      

13 Feb 2020 | 174


LintasDetik.com - Setelah pelaksanaan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Ketua Umum terpilih, Zulkifli Hasan, menyampaikan permohonan maafnya kepada Amien Rais. Alasan ...