hijab.id

Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

7 Feb 2019  |  877x | Ditulis oleh : FDT
Obat Tradisional Untuk Mengobati Sariawan

Sariawan adalah luka berwarna putih yang muncul akibat adanya infeksi jamur. Biasanya yang terkena infeksi jenis ini kondisi tubuhnya atau kekebalan tubuhnya sedang menurun. Lidah tergigit sedikit saja dapat menimbulkan luka yang berakibat sariawan. Selain keadaan tubuh yang sedang tidak fit, sariawan juga bisa disebabkan karena siklus menstruasi, kebersihan mulut yang kurang terjaga, stres ataupun adanya ketidak seimbangan hormon. Pada anak-anak, sariawan dapat juga disebabkan oleh penyakit mulut, kaki ataupun tangan.

Biasanya penyakit sariawan dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu. Akan tetapi banyak orang yang tidak dapat menahan perih yang disebabkan sariawan bila mereka sedang makan, minum ataupun ketika sedang berbicara. Dan pada akhirnya mereka menggunakan obat yang dijual bebas.

Untuk menghindari pemakaian obat yang dijual bebas dan tidak diketahui keamanannya, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi sariawan :

  • Kompres menggunakan es batu. Es batu dapat mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin pada es batu dapat memperlambat aliran darah menuju sariawan dan dapat mengurangi rasa nyeri dan terjadinya pembengkakan.
  • Menggunakan bawang putih.  Bawang putih mampu mengobati sakit sariawan, karena bawang putih mentah mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yaitu senyawa alisin. Dan senyawa inipun dapat mencegah berkembangnya aktivitas bakteri di dalam tubuh.
  • Kayu manis. Kayu manis sangat efektif dan mampu mengobati sariawan dengan cara berkumur menggunakan kayu manis. Karena kayu manis memiliki sifat anti jamur dan anti parasit. Adapun caranya adalah dengan merendam dan rebus kayu manis sepotong kecil pada 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Kayu manis pun mengandung vitamin C tinggi yang dapat membahayakan janin bila ibu hamil mengkonsumsinya terlalu berlebihan.
  • Berkumur dengan garam. Seperti kita ketahui garam ampuh mengobati luka sariawan dengan cara menarik cairan yang terdapat pada sariawan. Hal ini membuat proses pengeringan luka sariawan dapat cepat sembuh. Caranya, campurkan setengah sendok garam ke dalam gelas hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama satu dampai dua menit atau dengan cara oleskan garam pada luka sariawan kemudian bilas.
  • Minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni kebagian mulut yang terkena sariawan dapat menyembuhkan luka sariawan, karena minyak kelapa murni mengandung  asam laurat yang dapat merusak bakteri patogen penyebab sariawan dan asam laurat pun dapat membangun sistem kekebalan tubuh.
  • Kantong Teh.  Kantong teh celup yang sudah digunakan dan masih basah berguna untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Hal ini disebabkan karena kantong teh celup mengandung tannin.

Selain cara-cara alami diatas atau pengobatan dari luar, pengobatan sariawan dari dalam pun perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C yang mampu mencegah peradangan dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti jeruk,  bayam, brokoli dan apel. Untuk sayuran seperti ubi jalar, wortel, labu, kacang merah yang dapat membersihkan bakteri buruk dalam tubuh melalui ginjal dan hati.

Pada dasarnya, sariawan dapat dijadikan pertanda yang dikirim tubuh kita untuk terus menjalani hidup yang sehat. Menjaga pola makan dan asupan makan dan menjaga kesehatan mulut. Dengan menyikat gigi secara teratur dapat mencegah timbulnya sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:
Inilah 5 Trik Menyenangkan untuk Belajar Aritmatika di SD

Inilah 5 Trik Menyenangkan untuk Belajar Aritmatika di SD

Pendidikan      

3 Agu 2023 | 326


Apakah anak Anda sering kali mengalami kesulitan dalam memahami aritmatika? Jangan khawatir, saat ini ada banyak trik menarik yang dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih ...

Ternyata, Istana tidak Happy atas Pemecatan Helmy, kenapa?

Ternyata, Istana tidak Happy atas Pemecatan Helmy, kenapa?

Nasional      

25 Feb 2020 | 922


lintasdetik.com - Dipecatnya Helmy Yahya dari kursi Direktur Utama rupanya masih berbuntut panjang. Keputusan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas (Dewas) terhadap Helmy ternyata tidak ...

Jokowi: Kalian (PDIP) Hebat Kalau Bisa Kalahkan Saya!

Jokowi: Kalian (PDIP) Hebat Kalau Bisa Kalahkan Saya!

Politik      

30 Mei 2024 | 52


Presiden Joko Widodo, atau yang akrab dipanggil Jokowi, telah mengutarakan tantangan kepada partai politik yang mempunyai potensi menentang dirinya dalam Pilkada 2024 dan Pemilu 2029. ...

Keunggulan Menggunakan Jasa Huruf Timbul Cirebon Untuk Media Promosi Perusahaan

Keunggulan Menggunakan Jasa Huruf Timbul Cirebon Untuk Media Promosi Perusahaan

Ulasan      

31 Mei 2021 | 816


Dalam dunia usaha tentunya memerlukan banyak hal sebagai media pendukung agar usaha yang kita buat tidak terlihat membosankan. Salah satunya adalah huruf timbul seperti huruf timbul ...

Beberapa Perbedaan Yang Cukup Menarik Antara OS Android Dan IOS iPhone

Beberapa Perbedaan Yang Cukup Menarik Antara OS Android Dan IOS iPhone

Tekno      

1 Agu 2019 | 953


Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata mampu mengubah perilaku dan pola hidup di era digital saat ini. Hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan dengan cepat. Jika tidak ...

Mau Liburan Murah dan Berkesan Ke Bromo? Gunakan Open Trip Bromo dari Ihsan Travel

Mau Liburan Murah dan Berkesan Ke Bromo? Gunakan Open Trip Bromo dari Ihsan Travel

Wisata      

15 Nov 2020 | 768


Liburan dengan mengunjungi tempat wisata menjadi sebuah hadiah untuk diri sendiri. Untuk melepaskan penat di otak dan kesempatan untuk refreshing. Apalagi sekarang ini banyak tempat wisata ...