RajaKomen

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Sekaligus Mengenali Penyebabnya

7 Apr 2022  |  273x | Ditulis oleh : FDT
Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Sekaligus Mengenali Penyebabnya

Kulit kepala terasa gatal adalah keadaan yang biasa timbul dan tidak sedikit dirasakan orang. Kulit kepala yang gatal bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti timbulnya ketombe, alergi, sampai penyakit kulit ekzema dan psoriasis. Terdapat berbagai cara menangani kulit kepala gatal yang dapat anda jalani di rumah, sejak memakai beberapa bahan dapur sampai bahan alami yang lain.

Mengenali penyebab kulit kepala gatal

Ada banyak keadaan yang bisa menambah resiko timbulnya rasa gatal di kulit kepala. Dikutip dari healthline, berikut pemicunya:

  • masalah autoimun
  • infeksi jamur
  • reaksi alergi
  • eksim
  • dermatitis atopik
  • kutu kepala
  • stres maupun kecemasan
  • herpes zoster

 

Berikut ialah berbagai cara menangani kulit kepala gatal yang dapat anda coba:

1. Berikan minyak peppermint

Minyak peppermint memiliki kandungan konsentrasi tinggi zat alami yang dinamakan mentol. Menurut riset, mentol mempunyai dampak mendinginkan di kulit dan barangkali amat menunjang selaku upaya menangani rasa kulit kepala gatal yang disebabkan karena alergi di kulit.

Tetapi, minyak peppermint tak bisa dibalurkan langsung ke kulit kepala. Seharusnya minyak itu di campurkan dengan shampo lebih dulu saat sebelum dibasuh keseluruhan bersama air hangat.

2. Berikan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah sebuah bahan alami yang terkenal dipakai untuk memelihara rambut, tak terkecuali kurangi gatal. Minyak alami ini bisa menghaluskan dan membersihkan kerak dan sisik gatal yang melekat di atas kulit. Untuk memakainya, panasi minyak zaitun sampai terasa lumayan hangat lalu usapkan di kulit kepala sekalian dipijat ke kulit. Biarkan beberapa waktu, lantas basuh dengan shampo.

3. Pakai shampo khusus

Dikutip dari verywellhealth, jika kulit kepalamu gatal karena ketombe, anda dapat coba perawatan dengan shampo anti ketombe. Pilih shampo berbahan zinc pyrithione atau asam salisilat. Beberapa zat ini bisa menolong menangani sel-sel kulit mati yang menimbun di kepala. Jika anda merasakan gatal karena jamur, pilih produk shampo yang diperlengkapi kandungan ketoconazole. Zat ini bisa menunjang menangani rasa gatal di kulit kepala, khususnya yang disebabkan karena dermatitis seboroik.

4. Pakai minyak serai

Jika anda mempunyai keadaan rambut berketombe, coba pakai minyak serai selaku upaya menangani kulit kepala gatal. Menurut sebuah riset, minyak serai adalah bahan alami yang efisien kurangi ketombe dan rasa gatal. Untuk memperoleh minyak serai, anda dapat membeli produknya di beberapa online shop.

5. Pakai tea tree oil

Minyak esensial varian tea tree mempunyai karakter antimikroba, antijamur, antiseptik, sekalian anti-inflamasi. Tea tree oil bisa menolong kurangi atau hilangkan gatal yang terkait dengan ketombe, dermatitis seboroik, dan kutu rambut. Tetapi, anda tak bisa memakainya langsung di atas kulit kepala. Anda butuh campur beberapa tetes minyak ini dengan shampo saat sebelum memoleskannya di atas kulit kepala.

6. Meditasi

Meditasi barangkali bukanlah hal pertama kali yang akan anda jalani selaku upaya menangani kulit kepala gatal. Tetapi, National Eczema Association mendapatkan jika meditasi bisa kurangi stres dan rasa gatal di kulit kepala yang disebabkan karena ketakutan. Meditasi pun bisa menolong menangani gatal karena eksim.

Begitu cara menangani kulit kepala gatal yang barangkali dapat anda coba. Saat sebelum memakai berbagai langkah di atas, ada bagusnya anda tanyakan dahulu dengan pakar atau dokter. Karena banyak bahan alami dan bahan aktif yang disebut sebelumnya pula mempunyai potensi mengiritasi kulit jika tak sesuai. Beberapa bahan di atas pun tak ditujukan bagi anak-anak.

Berita Terkait
Baca Juga:
Mungkinkah Komnas HAM Juga Akan Dilaporkan Ke Pengadilan Internasional ?

Mungkinkah Komnas HAM Juga Akan Dilaporkan Ke Pengadilan Internasional ?

Nasional      

12 Jan 2021 | 592


Kekecewaan banyak pihak atas hasil kerja Komnas HAM memang wajar. Terlalu banyak pertanyaan yang menggantung jawabannya dari hasil penyelidikan yang telah dirilis. Soal tembak menembak, ...

Basuki Setianugroho Penipu

Basuki Setianugroho Penipu

Nasional      

22 Des 2020 | 926


...

Bagaimana Menjadikan Twitter Sebagai Media Promosi Online?

Bagaimana Menjadikan Twitter Sebagai Media Promosi Online?

Tips      

30 Mei 2024 | 34


Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan karakteristiknya yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dengan cepat ...

PDI Perjuangan Ingin Rizieq Shihab di Hukum Mati dan Bebaskan Juliari Batubara

PDI Perjuangan Ingin Rizieq Shihab di Hukum Mati dan Bebaskan Juliari Batubara

Nasional      

12 Des 2020 | 812


Mungkin judul diatas keinginan sebagian besar dari PDI Perjuangan, yang ingin menghilangkan Rizieq Shihab, karena sering protes ke pemerintah, sering mengganggu kegiatan membekingi kegiatan ...

Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Nasional      

24 Feb 2020 | 768


lintasdetik.com - Meskipun sebagai tahanan, napi dianggap memiliki hak untuk menyalurkan hasrat biologisnya. Demikian, alasan anggota Komisi III DPR RI, Safaruddin, yang meminta kepada ...

Desmond J Mahesa Mulai Sotoy Membahas Tentang Laskar FPI, Mau Ikut Cari Panggung?

Desmond J Mahesa Mulai Sotoy Membahas Tentang Laskar FPI, Mau Ikut Cari Panggung?

Nasional      

12 Des 2020 | 837


Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Desmond J Mahesa turut mempertanyakan pembentukan laskar oleh Front Pembela Islam (FPI) dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) ...