rajapress

Bukit Gronggong, Lokasi Wisata Alam Rasa Punclut di Cirebon

22 Feb 2022  |  329x | Ditulis oleh : FDT
Bukit Gronggong, Lokasi Wisata Alam Rasa Punclut di Cirebon

Jika Bandung memiliki Punclut sebagai tujuan kuliner dengan bonus pemandangan alam Bandung, Cirebon mempunyai Bukit Gronggong. Nama lokasi wisata alam yang terletak di kawasan Beber menuju ke Kuningan itu memang populer sebagai spot nongkrong dan berfoto.

Lokasi tersebut banyak dikunjungi oleh kawula muda yang sering kali datang pada sore hari, Kunjungan pun akan semakin bertambah di akhir pekan, tidak heran jika Bukit Gronggong menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. Apalagi, terdapat banyak warung jagung bakar dan sejumlah rumah makan yang berjejer kanan dan kiri jalan. 

Lokasi Wisata Alam yang Tawarkan Pemandangan Hijau
Bukit Gronggong menyajikan hamparan rerumputan di salah satu sudut di sepanjang Jalan Raya Cirebon. Pagi dan siang hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan hijau tersebut. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan membuat bukit itu mudah dijangkau, ditambah dengan lahan parkir yang luas.

Wisata alam di bukit itu memang tepat untuk dijadikan tempat bersantai, terutama pada sore hari untuk menikmati waktu terbenamnya matahari. Bisa pilih, mau melihat padang rumput atau pemandangan Cirebon dari ketinggian. Pemandangan alam itu memang dapat dinikmati secara cuma-cuma. Hanya panorama yang terlihat kadang masih kalah bagus jika dilihat dari dalam rumah makan yang terdapat di sana.

Lokasi Bukti Gronggong memang dekat dengan Bandara Cakrabuwana yang digunakan untuk latihan para calon penerbang pesawat komersial. Tidak ada ruginya berkunjung ke lokasi bukit, baik siang ataupun malam.

Hanya wisata di Bukit Gronggong terlihat kurang terkelola dengan baik. Pengelolaan wisata alam itu milik perseorangan. Lahan yang berada di sepanjang bukit tersebut bukanlah milik Pemerintah Kabupaten Cirebon. Pemkab Cirebon hanya memfasilitasi lokasi tersebut dengan beberapa sarana. Tidak bisa lebih, termasuk untuk menggali potensi wisata yang ada di sana.

Disbudparpora telah menyediakan fasilitas toilet umum untuk pengunjung Bukit Gronggong, tapi kabarnya sarana umum tersebut sudah tidak terurus sehingga tidak tergunakan saat ini. Tidak heran juga jika sampah dan kerusakan lainnya mudah dijumpai di sana.

Menanggapi hal tersebut pihak Disbudparpora Kabupaten Cirebon mengaku tidak bisa berbuat banyak karena pengelolaan lebih lanjut pun dinilai tidak memungkinkan sebab terkendala aturan kepemilikan lahan. Sejauh ini, lahan tersebut merupakan lahan yang dibebaskan karena tidak masuk ke dalam pendataan pemerintah kabupaten. Jadi, selain memberikan fasilitas umum, dinas juga hanya memastikan keamanan dan penegakan peraturan saja di sana dengan melibatkan Satpol PP.

Berita Terkait
Baca Juga:
Keunggulan Menggunakan Jasa Huruf Timbul Cirebon Untuk Media Promosi Perusahaan

Keunggulan Menggunakan Jasa Huruf Timbul Cirebon Untuk Media Promosi Perusahaan

Ulasan      

31 Mei 2021 | 718


Dalam dunia usaha tentunya memerlukan banyak hal sebagai media pendukung agar usaha yang kita buat tidak terlihat membosankan. Salah satunya adalah huruf timbul seperti huruf timbul ...

7 Cara Memilih Hewan Kurban Bebas PMK (Penyakit Mulut dan Kuku)

7 Cara Memilih Hewan Kurban Bebas PMK (Penyakit Mulut dan Kuku)

Tips      

1 Jul 2022 | 348


Memilih hewan kurbаn bеbаѕ PMK (Pеnуаkіt Mulut dаn Kaki) mеruраkаn hal реntіng уаng mesti dіреrhаtіkаn oleh ...

Inilah Kelebihan Menggunakan Timbangan Truk atau jembatan Timbang Produksi Gewinn Gold Hotama

Inilah Kelebihan Menggunakan Timbangan Truk atau jembatan Timbang Produksi Gewinn Gold Hotama

Ulasan      

20 Feb 2023 | 388


Timbangan truck adalah alat yang sangat penting dalam berbagai jenis industri. Dimana dengan mengetahui berat kendaraan dan muatan  perusahaan  dapat memastikan  bahwa ...

Manfaat  dan Cara Memilih Jasa Semir Sepatu Profesional dan Berkualitas

Manfaat dan Cara Memilih Jasa Semir Sepatu Profesional dan Berkualitas

Ulasan      

24 Feb 2024 | 243


Sepatu kulit adalah salah satu jenis alas kaki yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta mode. Keindahan dan kualitasnya membuat sepatu kulit menjadi pilihan favorit bagi ...

Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel

Wisata      

14 Maret 2019 | 1399


Manfaat Liburan Wisata ke Bali Menggunakan Jasa Agen Travel  - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari laut, hutan, gunung dan danau. ...

Inilah 5 Tips Untuk Mendapatkan Distributor Pipa HDPE Profesional dan Terpercaya

Inilah 5 Tips Untuk Mendapatkan Distributor Pipa HDPE Profesional dan Terpercaya

Tips      

16 Maret 2021 | 921


Untuk mendapatkan distributor atau supplier Pipa HDPE bukanlah hal yang sulit. Karena sekarang ini teknologi semakin canggih, hanya dengan mengetik dimesin pencarian Anda akan mudah ...