RF

Kuliner Cirebon yang Paling Hits dan Mantul (Mantap Betul)

8 Feb 2019  |  2268x | Ditulis oleh : FDT
Kuliner Cirebon yang Paling Hits dan Mantul (Mantap Betul)

Kota Cirebon adalah kota dipesisir pantai utara jawa barat. Cirebon tidak hanya dikenal sebagai penghasil udang dan aneka macam olahan dari udang. Cirebon juga terkenal beragam kuliner yang menarik dan enak. Tidak sedikit yang sengaja yang datang ke kota Cirebon untuk mencicipi aneka kuliner yang terdapat di Cirebon.

Jika Anda berkunjung ke cirebon untuk berwisata atau sekedar ingin refresing menghilangkan penat akan rutinitas kerja sehari-hari, dikota Cirebon Anda dapat menemukan berbagai makanan yang menggugah rasa.

 

Nasi Jamblang

Kuliner satu ini unik cara penyajiannya, dimana nasinya dibungkus dengan menggunakan daun jati yang dibungkus kecil-kecil atau sebesar kepalan tangan. Lauknya terdiri dari bermacam-macam lauk seperti sambal goreng, sate kentang, perkedel, tempe tahu goreng, sayur tahu, ikan asin, telur dadar dan masih banyak lagi. Rasanya yang khas dan lezat membuat kuliner yang satu ini menjadi makanan favorit bagi penyuka kuliner Cirebon. Soal harga, nasi jamblang dengan beraneka lauknya terbilang murah sehingga membuat kuliner ini banyak digemari oleh semua kalangan.

Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon Empal gentong menjadi makanan paling banyak diminati masyarakat Cirebon dan penikmat kuliner. Empal gentong dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar sehingga memberikan rasa yang khas. Cara pengolahan empal gentong, dagingnya dimasak cukup lama, selama kurang lebih 5 jam sehingga membuat daging terasa empuk dipadukan kuahnya yang terbuat dari santan membuat rasa empal gentong menjadi gurih dan lezat. Empal gentong tidak hanya berupa daging saja akan tetapi terdapat jeroan seperti limpa, usus, paru dan babat. Mengenai harga, Anda tidak perlu khawatir. Harga untuk satu porsi empal gentong berkisar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000, cukup terjangkau bukan?.

Nasi Lengko

Kuliner Cirebon berikutnya selain nasi jamblang adalah Nasi lengko. Kuliner ini digadang-gadang adalah kuliner yang menyehatkan. Karena kuliner nasi lengko menggunakan beragam sayuran dan pelengkap lainnya seperti tempe dan tahu. Penyajian nasi lengko adalah nasi putih dengan irisan tahu, tempe, tauge, ketimun kemudian disiram dengan sambal bumbu kacang yang diberi kecap, daun kucai dan taburan bawang goreng. Sepintas memang mirip dengan pecel tetapi nasi lengko memiliki rasa yang khas karena diberi taburan daun kucai yang segar. Untuk menambah kelezatan pelengkap makan nasi lengko adalah sate kambing. Untuk satu porsi nasi lengko berkisar Rp. 8.000 sampai Rp. 12.000.

Docang

Docang merupakan makanan khas cirebon bebas kolesterol dan merupakan makanan para wali. Docang sepintas mirip dengan lontong sayur. Kuliner ini perpaduan dari lontong, toge, daun singkong, parutan kelapa dan kerupuk putih  yang disiram dengan kuah segar yang terbuat dari oncom. Biasanya docang disantap saat pagi atau malam hari. Harga kuliner ini sangat murah, sekitar Rp.5.000 – Rp 10.000 satu porsinya. Jika Anda berkunjung ke Cirebon jangan lewatkan kuliner satu ini, rasakan sensasi segar dari kuah sayur oncomnya pasti Anda akan ketagihan.

Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon yang satu ini sudah banyak dikenal oleh banyak orang, karena di berbagai kota besar di Indonesia makanan ini banyak di jajankan. Tetapi bila Anda ingin merasakan rasa asli dari kuliner tahu gejrot, hanya di Cirebon tempatnya. Makanan ini termasuk makanan ringan karena hanya berisi irisan tahu yang disiram dengan kuah yang terbuat dari gula merah yang diberi bumbu bawang merah dan cabe yang dihaluskan. Alas penyajiannya menggunakan piring kecil yang terbuat dari tanah liat, membuat rasa tahu gejrot menjadi semakin segar dan nikmat. Makanan ini sangat pas dimakan pada siang hari. Harga satu porsi tahu gejrot berkisar Rp. 5.000 – Rp. 7.000.

Bubur Sop Ayam Cirebon

Kuliner khas Cirebon yang segar lainnya adalah bubur Sop ayam. Kuliner ini sangat banyak peminatnya karena segar dan terasa hangat di badan. Bubur sop ayam disajikan dengan kuah sop ayam ke bubur, ditambah dengan pelengkap seperti soun, ayam suwir, daun bawang, irisan kol, tauji / tauco dan kerupuk tidak lupa diberi irisan tomat untuk menambah cita rasa bubur sop ayam ini. Bubur sop ayam ini cocok dimakan pada pagi, siang dan malam hari. Harga untuk satu porsi bubur sop ayam sekitar Rp. 7.000 hingga Rp. 12.000.

Pedesan Entog

Entog adalah sejenis unggas yang mirip dengan bebek, tetapi lebih besar dan bontot. Entog terkenal enak untuk dijadikan makanan yang lezat, seperti pedesan entog. Kuliner khas Cirebon ini di gemari masyarakat Cirebon sebagai lauk makan. Rasa dari pedesan entog adalah kuahnya yang segar, gurih dan pedas cocok disantap pada siang dan malam hari. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas, Anda dapat meminta pedesan entog yang tidak pedas. Cita rasa dari pedesan entog sangat kaya rasa, karena kuah dari pedesan entog  terbuat dari aneka macam bumbu yang dihaluskan yang dicampur dengan kaldu. Harga untuk satu porsi pedesan entog berkisar Rp. 30.000.

Nah, untuk Anda yang ingin berkunjung ke Cirebon dan menjajal makanan khas Cirebon, jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner ini yaa. Disini Anda bisa membuktikan rasa asli dan khasnya makanan Cirebon ditempat asalnya. Jadikan Makanan khas Cirebon sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda. Salam Kuliner..

Baca Juga:
Butuh Rental Mobil Jakarta? Tenang, Ada TRAC dengan Berbagai Armadanya!

Butuh Rental Mobil Jakarta? Tenang, Ada TRAC dengan Berbagai Armadanya!

Wisata      

20 Okt 2022 | 413


Bepergian sekitar Jakarta dan butuh rental mobil? Tidak perlu khawatir karena solusinya ada di TRAC. TRAC adalah jasa sewa mobil yang berpengalaman sejak 1986 di berbagai kota besar di ...

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Maraknya Penceramah Dipilih karena Hanya Jago Melucu, ini yang Disampaikan Mahfud MD

Nasional      

6 Maret 2020 | 610


lintasdetik.com - Cukup maraknya penceramah agama yang hanya mengandalkan kelucuan saat berdakwah, disoroti oleh Mahfud MD. Mahfud yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, ...

7 Oleh Oleh Khas Pontianak yang Wajib Dibawa Pulang

7 Oleh Oleh Khas Pontianak yang Wajib Dibawa Pulang

Kuliner      

16 Jun 2022 | 205


Oleh оlеh khas Pоntіаnаk mеnсеrmіnkаn ѕеjutа сіtа rаѕа dаn cipta masyarakat lоkаl, mulai dari kulіnеr ...

Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

Akseleran Platform P2P Lending Yang Aman dan Menguntungkan

Tekno      

25 Nov 2020 | 673


Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi membawa kemajuan di dunia finansial dengan adanya fintech atau financial technologi. Dan salah satu kategori fintech yang berkembang pesat di ...

Bertambah 2, Total 8 Perawat RI Gugur di Garis Depan Pandemi Corona

Bertambah 2, Total 8 Perawat RI Gugur di Garis Depan Pandemi Corona

Nasional      

9 Apr 2020 | 773


lintasdetik.com - Sedih, bertambah lagi dua orang perawat yang meninggal karena pandemi Corona setelah keduanya berjuang di garda tedepan dalam upaya untuk menyembuhkan pasien yang ...

Cara Penyembelihan Hewan Kurban Dan Jenis Pisau Yang Benar

Cara Penyembelihan Hewan Kurban Dan Jenis Pisau Yang Benar

Ulasan      

24 Jul 2020 | 1043


Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020, seperti biasanya setelah dilaksanakan shalat Idul Adha pastilah dilanjutkan dengan ...