al masoem

Ikuti 5 Tips ini Agar Anda selalu Sehat Meski di Musim Hujan!

24 Feb 2020  |  284xDitulis oleh : Freelancer
Ikuti 5 Tips ini Agar Anda selalu Sehat Meski di Musim Hujan!

LintasDetik.com - Saat ini kita sedang memasuki musim hujan, dimana tubuh kita akan rentan sekali sakit. Namun jangan sampai tubuh kita ini terserang oleh penyakit, sehingga segala aktivitas kita jadi terhambat.

Nah, ternyata ada  cara mudah agar tubuh kita tetap kuat dan sehat meskipun sehat saat musim hujan. Lima tips ini akan membantumu, simak ya!

Selalu Membawa Payung dan Jas Hujan

Ini adalah cara yang paling klasik. Ada pepatah mengatakan bahwa “ sedia payung sebelum hujan”. Pepatah ini mengajarkan kepada Anda agar ketika musim hujan harus selalu siap sedia membawa payung atau jas hujan ketika bepergian ke sekolah atau tempat kerja. Mengapa? agar Anda tidak melakukan kontak langsung dengan air hujan. jika jas hujan atau payung sudah sedia, tentunya kita tidak akan kehujanan pada saat bepergian kemanapun.

Mandi setelah Kehujanan

Ketika Anda lupa membawa payung atau jas hujan, sehingga akhirnya basah kuyup kehujanan, segeralah untuk mandi jika sudah tiba di tempat tujuan. Mengapa demikian?

Air Hujan itu sendiri memang tidak otomatis bisa membuat tubuh kita sakit, akan tetapi air hujan mungkin mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulit Anda. Terlebih, daya tahan tubuh Anda selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya sehingga lebih cepat jatuh sakit.

Minum vitamin C

Dengan memakan atau meminum makanan yang mengandung Vitamin C, itu akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda yaitu dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari risiko infeksi atau penyakit. Selain itu, antioksidan yang terkandung didalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah tubuh Anda agar tidak cepat stres dan kelelahan. Cukupi vitamin C Anda dari sayur dan buah-buahan segar serta dari multivitamin jika perlu.

Jaga pola makan sehat

Dari pada jajan sembarangan di luar, sebaiknya Anda coba makan makanan yang lebih sehat dan teratur selama musim hujan ini untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Variasikan menu makan harian Anda agar mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Ketika musim hujan Anda pun harus sering memakan makanan berserat tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi flu dan saluran pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa anda konsumsi diantaranya, apel, pisang, pir, alpuka, wortel, bayam, brokoli dan masih banyak lagi.

Melakukan olahraga rutin

Dimusim hujan pun tubuh Anda harus senantiasa dijaga agar selalu fresh dan fit yaitu dengan cara berolahraga rutin. Tentunya dengan berolahraga itu akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari berbagai serangan penyakit dan akan membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar. Lakukanlah olahraga ringan seperti push-up, lari kecil, sit-up dan yang lainnya yang bisa dilakukan disekitar rumah agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Demikian lima tips agar tubuh Anda selalu sehat ketika musim hujan, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba! (Fmd/Red)

Berita Terkait
Baca Juga:
Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

Kepala BPIP Puasa Bicara karena Sempat Membuat Pernyataan Kontroversi, Pengamat: Itu Tidak Bijak!

Nasional      

1 Maret 2020 | 235


lintasdetik.com - Puasa bicara yang dilakukan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian wahyudi, dinilai keputusan yang kurang bijak. Hal ini disampaikan oleh Emrus ...

Manfaat Make Up Organizer Untuk Anda yang Hobi Koleksi Alat Make Up

Manfaat Make Up Organizer Untuk Anda yang Hobi Koleksi Alat Make Up

Wanita      

24 Feb 2020 | 259


Sekarang ini memiliki atau mengkoleksi berbagai jenis make up sudah bukan rahasi lagi, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari tetapi sudah menjadi hoby bagi beberapa kalangan wanita. ...

Heboh! Muncul Sawah Mendidih di Sumenep

Heboh! Muncul Sawah Mendidih di Sumenep

Nasional      

26 Feb 2020 | 285


lintasdetik.com - Ada yang unik, masyarakat di daerah Sumenep, dihebohkan dengan munculnya sawah mendidih. Tidak seperti sawah pada umumnya, air di sawah tersebut mengeluarkan ...

Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Wanita      

14 Okt 2019 | 798


Tips Praktis Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah - Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik mulus dan putih bersih sehingga indah dipandang mata. ...

Terungkap! Ternyata lagu Obat Hati yang dinyanyikan Opick berasal dari kitab berikut!

Terungkap! Ternyata lagu Obat Hati yang dinyanyikan Opick berasal dari kitab berikut!

Ulasan      

19 Apr 2020 | 115


Siapa tak kenal penyayi yang satu ini? dia sering membawakan lagu-lagu religi asal Indonesia. Ya, Opick sebutannya. Beliau senantiasa menyenandungkan syair-syair indah dengan ...

Model Waist Bag Wanita Branded Terlaris

Model Waist Bag Wanita Branded Terlaris

Fashion      

18 Mei 2020 | 184


Waist bag atau tas pinggang kini bukan hanya digunakan oleh pria. Wanita juga sudah banyak yang menggunakan waist bag. Namun wanita biasanya jarang menggunakan waist bag di pinggang mereka. ...