MU

Ikuti 5 Tips ini Agar Anda selalu Sehat Meski di Musim Hujan!

24 Feb 2020  |  203xDitulis oleh : Freelancer
Ikuti 5 Tips ini Agar Anda selalu Sehat Meski di Musim Hujan!

LintasDetik.com - Saat ini kita sedang memasuki musim hujan, dimana tubuh kita akan rentan sekali sakit. Namun jangan sampai tubuh kita ini terserang oleh penyakit, sehingga segala aktivitas kita jadi terhambat.

Nah, ternyata ada  cara mudah agar tubuh kita tetap kuat dan sehat meskipun sehat saat musim hujan. Lima tips ini akan membantumu, simak ya!

Selalu Membawa Payung dan Jas Hujan

Ini adalah cara yang paling klasik. Ada pepatah mengatakan bahwa “ sedia payung sebelum hujan”. Pepatah ini mengajarkan kepada Anda agar ketika musim hujan harus selalu siap sedia membawa payung atau jas hujan ketika bepergian ke sekolah atau tempat kerja. Mengapa? agar Anda tidak melakukan kontak langsung dengan air hujan. jika jas hujan atau payung sudah sedia, tentunya kita tidak akan kehujanan pada saat bepergian kemanapun.

Mandi setelah Kehujanan

Ketika Anda lupa membawa payung atau jas hujan, sehingga akhirnya basah kuyup kehujanan, segeralah untuk mandi jika sudah tiba di tempat tujuan. Mengapa demikian?

Air Hujan itu sendiri memang tidak otomatis bisa membuat tubuh kita sakit, akan tetapi air hujan mungkin mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulit Anda. Terlebih, daya tahan tubuh Anda selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya sehingga lebih cepat jatuh sakit.

Minum vitamin C

Dengan memakan atau meminum makanan yang mengandung Vitamin C, itu akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda yaitu dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari risiko infeksi atau penyakit. Selain itu, antioksidan yang terkandung didalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah tubuh Anda agar tidak cepat stres dan kelelahan. Cukupi vitamin C Anda dari sayur dan buah-buahan segar serta dari multivitamin jika perlu.

Jaga pola makan sehat

Dari pada jajan sembarangan di luar, sebaiknya Anda coba makan makanan yang lebih sehat dan teratur selama musim hujan ini untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Variasikan menu makan harian Anda agar mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Ketika musim hujan Anda pun harus sering memakan makanan berserat tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi flu dan saluran pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa anda konsumsi diantaranya, apel, pisang, pir, alpuka, wortel, bayam, brokoli dan masih banyak lagi.

Melakukan olahraga rutin

Dimusim hujan pun tubuh Anda harus senantiasa dijaga agar selalu fresh dan fit yaitu dengan cara berolahraga rutin. Tentunya dengan berolahraga itu akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari berbagai serangan penyakit dan akan membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar. Lakukanlah olahraga ringan seperti push-up, lari kecil, sit-up dan yang lainnya yang bisa dilakukan disekitar rumah agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Demikian lima tips agar tubuh Anda selalu sehat ketika musim hujan, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba! (Fmd/Red)

Berita Terkait
Baca Juga:
Aksesoris Wajib Untuk Vlogging via Smartphone

Aksesoris Wajib Untuk Vlogging via Smartphone

Tekno      

22 Jun 2020 | 108


Traveling dan liburan adalah hal yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Di momon inilah anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan bersama keluarga ataupun sahabat ...

3 Hal Unik yang Perlu Kamu Ketahui dari Aplikasi TikTok

3 Hal Unik yang Perlu Kamu Ketahui dari Aplikasi TikTok

Tekno      

26 Feb 2020 | 60


lintasdetik.com - Hingga detik ini aplikasi TikTok menjadi sangat fenomenal kembali dikalangan para anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun. Aplikasi ini adalah aplikasi editor ...

Akhirnya, Presiden Jokowi Melarang Mudik, Awas Sanksi Bila Melanggar

Akhirnya, Presiden Jokowi Melarang Mudik, Awas Sanksi Bila Melanggar

Nasional      

21 Apr 2020 | 168


lintasdetik.com - Akhirnya, mudik lebaran di tahun 1441 H ini, resmi dilarang. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menekan angka penyebaran virus covid-19 ke ...

6 Perbedaan Alergi Dingin Dengan Alergi Biasa Dan Cara Mengatasinya

6 Perbedaan Alergi Dingin Dengan Alergi Biasa Dan Cara Mengatasinya

Ulasan      

6 Jul 2020 | 208


Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda menderita alergi dingin saat bersin-bersin di hawa dingin? Namun, apakah Anda yakin bahwa bersin tersebut bukan karena alergi yang disebabkan oleh faktor ...

Tips Sebelum Memilih Kitchen Set Untuk Dapur Anda

Tips Sebelum Memilih Kitchen Set Untuk Dapur Anda

Tips      

20 Jul 2020 | 276


Tanpa adanya dapur, rumah rasanya kurang lengkap. Fungsi utama dapur tentunya untuk mengolah masakan setiap harinya. Dan tentunya agar lebih betah, nyaman serta rapi diperlukan sebuah ...

5 Cara Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis Makin Manis

5 Cara Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis Makin Manis

Tips      

8 Sep 2020 | 118


Furniture adalah salah satu bagian yang sangat berperan penting di dalam rumah. Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat memilih furniture karena dinilai rumit. Padahal ...