hijab.id

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

6 Maret 2020  |  42xDitulis oleh : Freelancer
Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

lintasdetik.com - Anda sering mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan pinjaman uang tunai? Biasanya, dalam pesan yang dikirim tersebut, dijanjikan bahwa proses yang dijalani untuk mendapatkan pinjaman tersebut, akan berlangsung cepat dan pasti disetujui oleh sang pemberi kredit. Namun, salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman tersebut adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Nah, bagaimana seharusnya sikap kita saat mendapatkan SMS pinjaman seperti itu?

Andy Nugroho, seorang Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, menyampaikan bahwa Anda jangan mudah untuk terpengaruh tawaran pinjaman uang tunai, yang sekilas terlihat menggiurkan. Andy mengaku, bahwa dirinya pun sama sering mendapatkan SMS yang menawarkan pinjaman.

"(Kebetulan) saya juga sering dapat SMS dan telepon yang menawarkan pinjaman tunai seperti itu. Sepanjang saya belum memerlukan dana tambahan untuk keperluan yang sangat mendesak, maka saya belum mengambilnya. Seandainya pun saya sedang kekurangan uang dan sangat butuh dana tambahan, pinjaman tunai seperti itu akan menjadi alternatif kesekian bagi saya," jelas Andy, Selasa (3/3) kemarin.

Selanjutnya, Andy menuturkan bahwa ada lima hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menerima tawaran pinjaman yang mensyaratkan jaminan BPKB.

Pertama, Anda perlu memperhatikan, bunga yang diberikan oleh pemberi pinjaman biasanya sangat tinggi. Sehingga, dibandingkan nanti Anda lebih sulit untuk mengembalikan pinjaman, sebaiknya berpikir ulang dan mencoba untuk mencari sumber pinjaman yang lainnya.

Kedua, Anda perlu melihat bagaimana status hukum perusahaan yang menawarkan pinjaman kepada Anda. Apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataukah tidak.

Ketiga, Anda bisa mempertimbangkan, sebelum meminjam, untuk mengambil pilihan menggadaikan aset terlebih dahulu. Hal ini menjadi alternatif. Selain menggadaikan, Anda bisa juga untuk berpikir opsi menjual barang/aset yang Anda miliki. Meskipun kehilangan barang Anda, namun setidaknya Anda tidak akan terkena bunga yang memberatkan Anda nantinya. Serta, Anda tidak dibebani untuk keharusan mengembalikan pinjaman setelahnya.

Keempat, bila Anda ingin memiliki sejumlah uang tunai dalam waktu yang cepat, coba Anda terlebih dahulu untuk berusaha meminjam kepada sahabat atau sanak saudara Anda. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyepakati proses pengembalian pinjamannya. Hal yang terpenting, Anda perlu menjadi seseorang yang dapat dipercayai oleh saudara atau sahabat Anda tersebut.

Kelima, bila pada akhirnya Anda memang harus mengambil pinjaman tunai, pastikan bahwa kebutuhan Anda ini benar-benar mendesak. Bagaimana kebutuhan yang mendesak itu? Misalnya, untuk kebutuhan berobat, merenovasi rumah yang rusak mendadak dan harus segera diperbaiki, dan lain sebagainya. Jangan pernah Anda mengambil pinjaman untuk suatu kebutuhan yang sifatnya konsumtif, misalnya tuntutan gaya hidup, membeli handphone baru padahal yang lama masih layak digunakan, dan lain sebagainya.

Lima hal itulah yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait
Baca Juga:
Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Menkumham Diminta Sediakan "Bilik Cinta" bagi Narapidana di Lapas

Nasional      

24 Feb 2020 | 149


lintasdetik.com - Meskipun sebagai tahanan, napi dianggap memiliki hak untuk menyalurkan hasrat biologisnya. Demikian, alasan anggota Komisi III DPR RI, Safaruddin, yang meminta kepada ...

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu

Tips      

7 Jun 2020 | 78


Banyak yang salah kaprah ketika menjalani program diet, bukannya berat badan turun tapi justru semakin naik. Artinya cara sehat menurunkan berat badan yang diikuti bisa saja salah atau ...

Produk Kopi Lelaki yang Terbuat Dari Bahan Alami

Produk Kopi Lelaki yang Terbuat Dari Bahan Alami

Ulasan      

29 Mei 2019 | 207


Kopi lelaki atau kopi kuat yaitu kopi khusus untuk para pria yang ingin bertahan lama di atas ranjang yang merupakan impian semua pria. Dibandingkan dengan obat kuat yang beredar di ...

Muhyiddin Menjadi Perdana Menteri ke-8 Malaysia, Begini Tanggapan Mahathir

Muhyiddin Menjadi Perdana Menteri ke-8 Malaysia, Begini Tanggapan Mahathir

Mancanegara      

1 Maret 2020 | 157


 lintasdetik.com - Muhyiddin Yassin, akhirnya diambil sumpah untuk menjadi perdana menteri ke-8 Malaysia. Saat ditanya mengenai hal ini, Mahathir Mohamad menyampaikan bahwa ...

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ini 5 Hal Menarik dari Anak-anak yang Perlu Anda ketahui

Ulasan      

21 Feb 2020 | 130


LintasDetik.com - Anak merupakan anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita pasalnya anak akan menjadi generasi penerus dimasa depan, sekaligus yang mewarisi sifat-sifat yang ...

Innalillahi, Ayahanda Ustadz Yusuf Mansur Meninggal Dunia, Tadi Pagi

Innalillahi, Ayahanda Ustadz Yusuf Mansur Meninggal Dunia, Tadi Pagi

Nasional      

13 Feb 2020 | 301


LintasDetik.com - Innalillaahi, Indonesia berduka. Ayahanda salah satu ulama Indonesia, Ustadz Yusuf Mansur atau yang akrab dipanggil UYM, meninggal dunia, pagi tadi. UYM mengabarkan ...