hijab.id

Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

6 Maret 2020  |  52xDitulis oleh : Freelancer
Anda Sering Mendapatkan SMS yang Menawarkan Pinjaman Online? Perhatikan dulu Lima Hal ini

lintasdetik.com - Anda sering mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan pinjaman uang tunai? Biasanya, dalam pesan yang dikirim tersebut, dijanjikan bahwa proses yang dijalani untuk mendapatkan pinjaman tersebut, akan berlangsung cepat dan pasti disetujui oleh sang pemberi kredit. Namun, salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman tersebut adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Nah, bagaimana seharusnya sikap kita saat mendapatkan SMS pinjaman seperti itu?

Andy Nugroho, seorang Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, menyampaikan bahwa Anda jangan mudah untuk terpengaruh tawaran pinjaman uang tunai, yang sekilas terlihat menggiurkan. Andy mengaku, bahwa dirinya pun sama sering mendapatkan SMS yang menawarkan pinjaman.

"(Kebetulan) saya juga sering dapat SMS dan telepon yang menawarkan pinjaman tunai seperti itu. Sepanjang saya belum memerlukan dana tambahan untuk keperluan yang sangat mendesak, maka saya belum mengambilnya. Seandainya pun saya sedang kekurangan uang dan sangat butuh dana tambahan, pinjaman tunai seperti itu akan menjadi alternatif kesekian bagi saya," jelas Andy, Selasa (3/3) kemarin.

Selanjutnya, Andy menuturkan bahwa ada lima hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menerima tawaran pinjaman yang mensyaratkan jaminan BPKB.

Pertama, Anda perlu memperhatikan, bunga yang diberikan oleh pemberi pinjaman biasanya sangat tinggi. Sehingga, dibandingkan nanti Anda lebih sulit untuk mengembalikan pinjaman, sebaiknya berpikir ulang dan mencoba untuk mencari sumber pinjaman yang lainnya.

Kedua, Anda perlu melihat bagaimana status hukum perusahaan yang menawarkan pinjaman kepada Anda. Apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataukah tidak.

Ketiga, Anda bisa mempertimbangkan, sebelum meminjam, untuk mengambil pilihan menggadaikan aset terlebih dahulu. Hal ini menjadi alternatif. Selain menggadaikan, Anda bisa juga untuk berpikir opsi menjual barang/aset yang Anda miliki. Meskipun kehilangan barang Anda, namun setidaknya Anda tidak akan terkena bunga yang memberatkan Anda nantinya. Serta, Anda tidak dibebani untuk keharusan mengembalikan pinjaman setelahnya.

Keempat, bila Anda ingin memiliki sejumlah uang tunai dalam waktu yang cepat, coba Anda terlebih dahulu untuk berusaha meminjam kepada sahabat atau sanak saudara Anda. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyepakati proses pengembalian pinjamannya. Hal yang terpenting, Anda perlu menjadi seseorang yang dapat dipercayai oleh saudara atau sahabat Anda tersebut.

Kelima, bila pada akhirnya Anda memang harus mengambil pinjaman tunai, pastikan bahwa kebutuhan Anda ini benar-benar mendesak. Bagaimana kebutuhan yang mendesak itu? Misalnya, untuk kebutuhan berobat, merenovasi rumah yang rusak mendadak dan harus segera diperbaiki, dan lain sebagainya. Jangan pernah Anda mengambil pinjaman untuk suatu kebutuhan yang sifatnya konsumtif, misalnya tuntutan gaya hidup, membeli handphone baru padahal yang lama masih layak digunakan, dan lain sebagainya.

Lima hal itulah yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait
Baca Juga:
CoolDeSocks Produsen Kaos Kaki Berbahan Nyaman dan Berkualitas

CoolDeSocks Produsen Kaos Kaki Berbahan Nyaman dan Berkualitas

Fashion      

30 Apr 2020 | 95


Jika kita melihat awal mula sejarah kaos kaki cukup menarik, dan perkembangannya pun makin meningkat. Seiring berjalannya waktu jenis dan model kaos kaki pun mulai bermunculan seperti kaos ...

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Beli Karpet Masjid Berkualitas Dan Murah Di PersiaKarpet.Com

Ulasan      

3 Mei 2019 | 458


Karpet merupakan salah satu alas yang seringkali digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan jenisnya. Karpet yang biasa digunakan oleh para umat muslim ketika beribadah shalat ...

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN terpilih, Memohon Maaf ke Amien Rais. Ada Apa?

Nasional      

13 Feb 2020 | 146


LintasDetik.com - Setelah pelaksanaan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari, Ketua Umum terpilih, Zulkifli Hasan, menyampaikan permohonan maafnya kepada Amien Rais. Alasan ...

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu

Tips      

7 Jun 2020 | 105


Banyak yang salah kaprah ketika menjalani program diet, bukannya berat badan turun tapi justru semakin naik. Artinya cara sehat menurunkan berat badan yang diikuti bisa saja salah atau ...

Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda

Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda

Ulasan      

10 Des 2019 | 115


Gunakan Kemasan Minuman Yang Unik Agar Lebih Menarik Untuk Usaha Minuman Anda - Saat ini semakin banyaknya para pengusaha kuliner yang mengincar membuka usaha minuman kemasan. Seiring ...

Keahlian Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Karir Di Era Industri 4.0

Keahlian Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Karir Di Era Industri 4.0

Ulasan      

15 Apr 2019 | 538


Saat ini dunia sedang memasuki pada era revolusi industri 4.0. Apakah yang dimaksud dengan pengertian era industri 4.0? yaitu tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi ...